Breaking News:

Piala Menpora 2021 Segera Digelar, Ridwan Kamil Minta Terapkan Prokes & Crowd Management Ketat

Ridwan Kamil meminta agar turnamen Liga 1 Indonesia atau Piala Menpora 2021 dapat diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan

Tribunnews
Drawing atau pengundian grup turnamen pramusim Piala Menpora 2021 baru saja rampung digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (8/3/2021) malam. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNcirebon.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar turnamen Liga 1 Indonesia atau Piala Menpora 2021 dapat diselenggarakan dengan memperhatikan manajemen kerumunan atau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Terlebih Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung pun terpilih menjadi salah satu venue untuk turnamen pramusim Liga 1.

Di sisi lain, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan dirinya sudah rindu untuk menonton pertandingan bola, baik di rumah maupun di stadion.

Baca juga: Persib Bandung Tak Pasang Target Muluk di Piala Menpora 2021, Bobotoh Cuma Ingin Lihat Persib Main

"Saya juga pengen cek dulu aturannya, boleh nonton enggak. Kalau boleh ada penonton, tentu pastikan kapasitas diatur ya. Enggak ada masalah, yang penting mah Liga jalan sebenarnya. Karena Liga di Eropa juga sudah menunjukkan bahwa selama tidak ada penonton, tahap satunya itu Liga bisa jalan aja pelan-pelan," kata Gubernur di Gedung Pakuan, Selasa (9/3).

Tidak hanya untuk pertandingan sepak bola, katanya, manajemen protokol kesehatan pada kegiatan olah raga berlaku untuk semua bidang.

"Ya selama bisa membuktikan crowd management-nya baik, membuktikan prosedur semua pemain baik. Apalagi sekarang kan PCR bisa dua jam contohnya hasilnya. Apakah sebelum bertanding dites PCR dulu, sehingga ada keyakinan semua yang bersentuhan badan dan bergerak itu dia aman dari Covid-19," katanya.

Sedangkan penontonnya, katanya, minimal menimal dites melalui swab antigen. Tahun ini, katanya, seharusnya semua penyelenggaraan acara bisa lebih baik, termasuk event sepak bola.

Baca juga: Hasil Drawing Piala Menpora 2021, Persib Bandung Satu Grup dengan Bali United, Main di Sleman

"Saya dukung itu. Dan kalau memang diizinkan sudah buka, saya juga mau nonton, sudah lama engga nyetadion," katanya.

Kemudian yang perlu digarisbawahi juga adalah potensi kerumunan di tempat luar stadion secara nonton bareng. Harapannya, semua kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menimbulkan kerumunan dan penularan.

Halaman
12
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved