Breaking News:

Apa Itu Eco Enzyme? Bentani Jadi Hotel Pertama di Cirebon yang Memanfaatkannya, Ini Cara Membuatnya

Bentani Hotel & Residence telah membuat eco enzyme dari sampah organik yang dihasilkan dapur hotel sejak tiga bulan silam.

TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Brand Ambassador Eco Enzyme Bentani Hotel & Residence, Heru (kanan), saat memanen cairan eco enzyme di Bentani Hotel Residence, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (2/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Bentani Hotel & Residence tampaknya tengah menggencarkan kampanye go green untuk menjaga kelestarian bumi.

Hari ini, manajemen hotel yang berada di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, itu memanen eco enzyme perdananya.

Dilansir dari zerowaste.id, Eco enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat.

Eco Enzyme ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand.

Gagasan proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya kita buang ke dalam tong sampah sebagai pembersih organik.

Rupanya Bentani Hotel & Residence telah membuat eco enzyme dari sampah organik yang dihasilkan dapur hotel sejak tiga bulan silam.

General Manager Bentani Hotel & Residence, Erick Siahaya, mengatakan, eco enzyme tersebut pertama kali dibuat pada November 2020.

Menurut dia, bahan pembuatannya ialah ampas sayuran dan kulit buah yang berasal dari sampah dapur seluruh outlet di Bentani Hotel & Residence.

Baca juga: Dua Ekor Buaya Muncul di Perairan Pantai Cidaun, Warga Pun Heboh, Polisi Air Segera Turun ke Lokasi

Baca juga: Persib Bandung Perpanjang Kontrak Esteban Vizcarra, Pemain Asal Argentina Itu Ungkap Pesan Ini

Baca juga: Seram, Mobil Ambulance Tua Terparkir di Kantor Diskominfo Indramayu, Ada Penampakan Bayangan Wanita

"Setelah tiga bulan difermentasikan, hari ini panen perdana eco enzyme kami yang diberi nama Magical Pachira," kata Erick Siahaya kepada Tribuncirebon.com, Selasa (2/3/2021).

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved