Breaking News:

Trending di Twitter Lagu-lagu KPop yang Didistribusikan Kakao M Hilang dari Spotify, Ini Penyebabnya

Penggemar musik Kpop baik di Korea atau internasional sudah tidak bisa lagi menemukan album dan lagu Kpop favorit mereka di Spotify

Editor: Machmud Mubarok
Twitter
Daftar lagu-lagu milik musisi KPop yang dihapus Spotify. 

TRIBUNCIREBON.COM - Penggemar musik Kpop baik di Korea atau internasional sudah tidak bisa lagi menemukan album dan lagu Kpop favorit mereka di Spotify sejak tanggal 1 Maret 2021.

Memang bukan semuanya, hanya musisi yang lagu-lagunya didistribusikan oleh Kakao M yang menghilang dari aplikasi streaming tersebut.

Hal ini terjadi karena Kakao M telah menghapus semua lagu yang mereka distribusikan melalui Spotify di semua wilayah seluruh dunia.

Sempat membuat kehebohan, Spotify akhirnya mengonfirmasi kalau konten musik yang didistribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kedaluwarsa lisensi mereka.

Dalam pernyataan resmi mereka, Spotify mengatakan kalau seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut bisa tetap didengar di Spotify.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," kata Spotify.

Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar, sejumlah lagu dari grup musik akhirnya benar-benar menghilang dari platform.

Baca juga: Bacalah Doa-doa Penglaris Ini Agar Usaha Lancar dan Berkah, Amalkan Setiap Hari Setelah Shalat

Baca juga: Liverpool Bisa Menang Lagi, Kalahkan Tuan Rumah Sheffiel 2-0, Firmino Catat Rekor Gol ke-7.000

Baca juga: Mengenang Serangan Umum 1 Maret, Saat Letkol Soeharto Menguasai Yogyakarta Selama 6 Jam

Berikut daftar artis yang lagu-lagunya hilang dari Spotify.

MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE.

Kemudian BTOB, APink, P1Harmony, Dreamcatcher, EPIK HIGH, SISTAR, CRAVITY, Cosmiz Girls, dan masih banyak lainnya.

Kabar tersebut ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak dari penggemar dari grup atau idol tersebut yang menyayangkan keputusan ini.

"Semua ini terjadi karena Melon dan KAKAO M takut dengan perkenalan SPOTIFY di Korea akan mengambil alih pendapatan dan monopoli pasar mereka," tulis akun @Scintil14076030.

"Kalau diskografi GFriend tidak ada di Spotify lalu apa pentingnya?" tulis akun @crossroads_mp3 disertai emoji menangis.

" Kakao M berpikir orang akan menggunakan Melon setelah mereka menghapus konten mereka dari Spotify, tapi kami justru akan ke YouTube music dan Apple music," tulis akun @milkgyuu.

"Aku sekarang melihat hampir semua lagu-lagu Seventeeen hilang dari Spotify," tulis akun @leeshookthmin disertai gambar terduduk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Spotify Trending Twitter Usai Ratusan Lagu Kpop dari Kakao M Menghilang, Ada Apa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/03/01/083055466/spotify-trending-twitter-usai-ratusan-lagu-kpop-dari-kakao-m-menghilang-ada.
Penulis : Rintan Puspita Sari
Editor : Rintan Puspita Sari

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved