Breaking News:

Sumedang Dilintasi Sesar Baribis, BPBD Peringatkan Ancaman Gempa Bumi di Wilayah Timur Sumedang

BPBD Kabupaten Sumedang mewaspadai ancaman gempa bumi yang dipicu Sesar Baribis, terutama di wilayah timur Sumedang

shutterstock
Ilustrasi Gempa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mewaspadai ancaman gempa bumi yang dipicu Sesar Baribis, terutama di wilayah timur Sumedang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa Sesar Baribis ini membentang dan melintasi daerah Kabupaten Sumedang, Majalengka, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Cibatu (Bekasi), Jakarta, Tangerang, hingga Rangkasbitung.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Sumedang, Adang, mengatakan, untuk daerah Sumedang yang dilintasi Sesar Baribis ini yakni, Kecamatan Wado, Jatinunggal, Jatigede, dan Tomo.

Baca juga: Perempuan Muda di Tasikmalaya Jadi PSK, Padahal Lagi Hamil 7 Bulan Tetap Layani Pria Hidung Belang

Baca juga: Profil Irjen Firman Santyabudi, Putra Wapres ke-6 Try Sutrisno yang Kini Jadi Jenderal Polisi

"Jadi memang benar menurut para ahli, bahwa beberapa daerah di Sumedang rawan terjadi gempa karena masuk lintasan Sesar Baribis, terutama di wilayah timur," ujar Adang saat ditemui Tribun Jabar di kantornya, Senin (1/3/2021).

Dengan adanya ancaman gempa tersebut, pihaknya bakal melakukan sosialisasi, memberikan edukasi dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi tersebut.

"Itu harus menjadi perhatian kita, karena wilayah Jawa Barat, khususnya Sumedang tingkat kerawanan bencananya tinggi," katanya.

Namun, pihaknya meminta masyarakat di wilayah timur jangan khawatir dengan adanya ancaman gempa bumi tersebut karena pihaknya bakal terus melakukan mitigasi bencana.

Baca juga: Mantan Pacar Ariel NOAH, Shopia Latjuba 2 Kali Hamil Duluan Sebelum Nikah Begini Reaksi Mantan Suami

Apalagi, kata Adang, selama ini belum pernah terjadi gempa bumi di wilayah timur yang dipicu Sesar Baribis, tetapi bencan tersebut tetap harus diwaspadai oleh semua pihak.

"Kalau gempa kecil-kecilan memang pernah terjadi, tapi kalau dikaitkan dengan Sesar Baribis, catatan BPBD belum ada. Tapi ketika kita berdiskusi dengan para ahli, memang ada satu sesar yang perlu kita waspadai," ucap Adang.

Dalam menghadapi gempa yang dipicu Sesar Baribis itu, Adang meminta masyarakat harus memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tersebut.

"Tapi, mudah-mudah tidak terjadi apa-apa," katanya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved