Breaking News:

Antisipasi Karhutla dan Kerusakan Hutan Gunung Ciremai, Dandim 0625/Kuningan Sowan ke BTNGC

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, mengunjungi kantor Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana

Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Diduga sering Jadi Jalur Oofroad Petugas Gabungan dari Babinsa Desa Parung, Polhut dan Petugas BTNGC pasang palang di kawasan Gunung Ciremai, Sabtu (27/2/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, mengunjungi kantor Taman Nasional Gunung Ciremai ( TNGC) di Desa Manislor, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Kunjungan Letkol David beserta Danramil 1511/Jalaksana, Lettu Inf Haerullah Madiabu dalam rangka membangun sinergitas antara TNI dan TNGC di wilayah Kabupaten Kuningan.

Baca juga: KISAH Tiga Tiang Utama KRI Dewaruci yang Beredar di Masyarakat Dipercaya Baik Buat Ibu Hamil Jika. .

Baca juga: Derita Alief Balita 3 Tahun di Indramayu, Berjuang Melawan Tumor Ganas, Perutnya Terus Membesar

Pasalnya, kondisi alam hutan Gunung Ciremai tentu sebagai pusat konservasi yang harus di jaga dari berbagai ancaman kebakaran dan kerusakan hutan sekitar 

"Kami membahas kesiapan dalam menanggulangi kebakaran di Gunung Ciremai. Yang biasanya terjadi karena musim kemarau dan para pencari madu hutan," kata Dandim usai memaksakan pertemuan tadi, Senin (1/3/2021).

Dandim 0615/ Kuningan ini berharap masyarakat sekitar juga bisa berperan aktif membantu petugas dalam mengantisipasi kebakaran hutan. Sebab kawasan hutan Gunung Ciremai masih terdapat cukup beraneka ragam satwa yang di lindungi.

"Selain itu, terkait populasi macan kumbang di area Gunung Ciremai. Menurut keterangan, keberadaan macan kumbang yang sudah dilepas, di kawasan Gunung Ciremai masih terpantau di kamera dan kondisinya kesehatannya cukup baik," ujarnya.

Sementara itu, bentuk kerjasama juga dilakukan Babinsa Desa Parung Koramil 1502/Kadugede, SertuJamaludin bersama petugas gabungan melaksanakan patroli pengamanan di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Petugas yang ikut dalam patroli diantaranya, Kades Karangsari, Nana Sumarjana, Ka Resort TNGC Cigugur, Apo, Ka Resort TNGC Darma, Cita Asmara, dan anggota Polhut TNGC, A'ah Hidayatullah.

"Patroli tersebut bertujuan untuk melakukan penertiban terhadap pengendara motor trail liar yang bisa berakibat merusak ekosistem di area TNGC.

Wilayah TNGC perlu dijaga ekosistemnya, oleh karena itu kami selalu melakukan pemeriksaan secara rutin. Apabila ditemukan pengendara trai liar akan kami minta untuk berhenti dan diberikan pengarahan," kata Sertu Jamaludin.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, ia bersama petugas juga memeriksa tempat-tempat di wilayah tersebut yang berpotensi terjadi kerumunan.

"Soalnya ini kan masih masa pandemi dan kasus Covid-19 bisa terbilang tinggi, jadi sementara ini meskipun di sekitar pegunungan, tetap masih belum diperkenankan untuk berkegiatan," ungkap Sertu Jamaludin saat di lapangan tersebut. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved