Breaking News:

Si Covid, Ular King Kobra Asal Kuningan yang Mirip Garaga Kondisinya Memprihatinkan, Derita Sariawan

Masih ingat dengan si Covid, julukan ular jenis King Kobra di Kuningan viral karena dianggap mirip Garaga ular yang sempat dipelihara Panji Petualang.

Istimewa
Ular King Kobra, Si Covid 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Masih ingat dengan si Covid, julukan ular jenis King Kobra di Kuningan viral karena dianggap mirip Garaga ular yang sempat dipelihara Panji Petualang.

Adapun kondisi si Covid akhir -akhir ini tampak memprihatinkan.

Pawang ular pemilik si Covid bernama Rinto alias Rentul mengabarkan bahwa kondisi kesehatan si Covid memang memprihatinkan akibat mengidap penyakit 

Hal itu, kata Renrul muncul akibat kondisi lingkungan dan cuaca yang terjadi beberapa waktu terakhir tak menentu.

"Kondisi si Covid di musim cuaca pancaroba sangat memprihatikan. Selain matanya kurang bercahaya, berat badannya pun mengalami penurunan dan ini jelas mengidap penyakit," ungkap Rentul kepada Tribuncirebon.com, Selasa (23/2/2021).

Rentul menyebut penyakit yang si Covid itu, tidak lain mengalami sariawan dan terkena serangan cacing dalam tubuhnya.

Sehingga, katanya, dalam waktu tertentu saat melakukan perawatan itu harus lebih maksimal.

"Mengenai sariawan yang diketahui pada si Covid. Diketahui akibat tak nafsu makan dan terlihat dari gusi atau bagian taring King Kobra itu seperti berkerak," ujarnya.

Upaya memulihkan dari penyakit sariawan itu dalam waktu terjadwal harus rajin membersihkan kerak di sekitar gusi tersebut.

"Pembersihan kerak pada gusi, ini bisa dilakukan dengan cara manual. Yaitu melakukan buka mulut ular dengan alat dan melakukan pembersihan kerak pada gusi tersebut," ujarnya.

Alasan pembersihan kerak pada gusi King Kobra, kata Rentul, adanya taring itu merupakan salah satu organ penyerta ketika melakukan pemangsaan.

Karena dengan bentuk taring mirip kail, itu sebagai pembantu untuk mendorong mangsa agar cepat masuk dalam tubuh.

"Cara kerja selain sebagai alat pemangsa, taring yangnmemiliki bentuk seperti kail, itu untuk menarik dan mendorong mangsa saat di makan agar cepat terurai dalam tubuh ular," ungkapnya.

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved