Breaking News:

BPBD Jabar: 4 Daerah di Ciayumajakuning Harus Waspada Banjir dan Longsor Hari Ini, Besok 5 Daerah

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan, meminta masyarakat, khususnya Jawa Barat agar waspada.

Istimewa
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan, meminta masyarakat, khususnya Jawa Barat agar waspada.

Hal ini berkaitan dengan prediksi puncak musim hujan yang masih terus berlangsung selama Februari 2021. 

Baca juga: Penumpang KA Kini Lehbih Senang Tes GeNose Ketimbang Rapid dan Swab Test, Tak Perlu Colok Hidung

Baca juga: Ditaksir Rugi Puluhan Miliar Akibat Banjir, Hanya 160 Petambak yang Tercover Asuransi di Indramayu

Dari data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Stasiun Geofisika Kota Bandung, prakiraan cuaca berbasis dampak yang berlaku tanggal 16-17 Februari 2021 ini memiliki dampak banjir atau banjir bandang. 

Khusus untuk kawasan Ciayumajakuning, Dani menyebut pada 16 Februari ada 4 daerah yang harus waspada, sedangkan pada 17 Februari ada 5 daerah.

Secara keseluruhan, potensi dampak berstatus waspada ini, pada 16 Februari 2021 berlaku untuk Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan. 

Baca juga: Hah, Amanda Manopo Rela Andin di Ikatan Cinta Diperankan Barbie Kumalasari, Barbie Cocok Jadi Andin?

Baca juga: Nih Loker di BUMN, PT Waskita Beton Precast Buka Lowongan untuk Lulusan S1, Minat Segera Lamar ya!

Sementara, untuk 17 Februari 2021, daerah berpotensi waspada adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis. 

Dengan kondisi tersebut, masyarakat yang tinggal di daerah berbukit agar waspada pada peluang terjadinya tanah longsor.

Seperti di wilayah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang bagian Selatan, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung wilayah Selatan, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Sumedang. 

Hal lain yang perlu waspada adalah masyarakat di Indonesia bagian selatan karena ada potensi terjadinya gelombang hingga ketinggian empat meter di perairan selatan Jawa Barat mulai 15 Februari sampai 17 Februari 2021. 

"Dengan adanya cuaca ekstrem ini, masyarakat diminta untuk selalu waspada jika hujan lebat terjadi. Hindari jalanan yang berpotensi longsor, hentikan perjalanan dan sebaiknya menepi dan berteduh untuk menghindari pohon tumbang atau jalanan licin.

Pastikan juga saluran air di sekitar rumah lancar dan tidak tersumbat oleh sampah. Waspadai jika sungai mulai meluap," katanya melalui ponsel, Selasa (16/2/2021).

Dani meminta juga agar BPBD kabupaten dan kota dapat menginformasikan peringatan dini tersebut kepada para pejabat daerah dan disebarkan lagi kepada masyarakat di daerah potensi bencana agar mereka memahami mitigasi bencana sehingga mereka tetap waspada namun tenang dengan adanya potensi bencana di daerah tempat tinggalnya.

Baca juga: Maria Ozawa atau Miyabi Suka Indonesia, tapi Ngaku Heran kok Selalu Banyak yang Demo Kalo Dia Datang

Baca juga: Kondisi Rumah Sepi, Pria Ini Mengendap-endap ke Kamar Ibu Mertua, Tega Membuka Paksa Baju Mertuanya

Editor: dedy herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved