Breaking News:

Virus Corona

Kasus Positif Aktif Covid-19 di Jabar Turun 14 Persen, Warga Bandung Paling Disiplin Pakai Masker

Angka kasus aktif positif Covid-19 di Jawa Barat mengalami penurunan sebanyak 14 persen

Freepik
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJCIREBON.COM, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan angka kasus positif aktif Covid-19 di Jawa Barat mengalami penurunan sebanyak 14 persen jika dibandingkan dengan pekan lalu.

Hal itu menandakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Barat terbilang berhasil.

"Alhamdulillah beberapa poin kita mendapatkan berita gembira dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Antara lain, kasus aktif di Jawa Barat ini ada penurunan sekitar 14 persen dibandingkan minggu sebelumnya yang begitu besar kasus aktifnya," kata Uu seusai memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Gedung Sate, Senin (15/2).

Berdasarkan data Pikobar, pekan lalu angka kasus positif aktif Covid-19 di Jabar mencapai 31.413 orang. Namun kemudian turun menjadi 22.339 pada Senin (15/2).

Baca juga: Jalaluddin Rakhmat Meninggal Dunia, Dikenal Sebagai Tokoh Syiah di Indonesia, Ini Profilnya

Baca juga: Syarat Pendaftaran SNMPTN 2021, Login snmptn.ltmpt.ac.id, Ikuti Tujuh Tahapannya

Kemudian keterisian rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dari yang awalnya di atas 80 persen, kemudian menjadi 70 persen, dan berangsur turun menjadi 58 persen.

"Alhamdulillah ini cuma 58 persen, tetapi ini pun belum sesuai dengan yang diharapkan, hanya membaca alhamdulillah saja dibandingkan dengan minggu sebelumnya kita ada penurunan," katanya.

Angka reproduksi efektif Covid-19 juga turun drastis menjadi 0,39, jika dibandingkan pekan lalu masih di angka 1,3. Di Jawa Barat pun sudah mengadakan tes Covid-19 situ sebanyak 1,32 juta orang dari jumlah penduduk hampir 50 juta.

Di sisi lain, daerah yang menjalankan protokol kesehatan yakni memakai masker dan menjaga jarak di Jabar pun semakin disiplin.

Baca juga: Ashanty Batuk & Sesak Napas, Beranikan Diri untuk Tes, Hasilnya Positif Covid-19, 3 Anaknya Tertular

Baca juga: Bupati Cirebon Imron Rosyadi Gagal Disuntik Vaksin Covid-19, Gara-gara Kurang Setengah Bulan 

Daerah dengan nilai kepatuhan 90 persen adalah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kota Depok.

"Itu yang dianggap mentaati baik pemerintah ataupun masyarakat dalam protokol kesehatan. Kemudian zona secara umum masih dipegang oleh Kota Bogor, itu masih dalam keadaan zona merah," katanya

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved