Breaking News:

Peringatan BMKG: Hujan Disertai Petir Angin Kencang Ancam 26 Daerah Sepekan ke Depan, Termasuk Jabar

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia bakal diterpa hujan dengan intensitas lebat selama beberapa hari ke depan.

Science Daily
Peringatan BMKG: Hujan Disertai Petir Angin Kencang Ancam 26 Daerah Sepekan ke Depan, Termasuk Jabar 

TRIBUNCIREBON.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia bakal diterpa hujan dengan intensitas lebat selama beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mencatat, setidaknya 26 provinsi yang akan mengalami kondisi hujan dengan intensitas lebat selama sepekan ke depan, mulai Rabu (10/2/2021) hingga Selasa (16/2/2021).

"BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi di 26 wilayah," ujar Guswanto seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Suara Petir Bikin Warga Kertawinangun Kuningan Ketakutan, Ada Rumah Rusak, Suara Petir Seperti Bom

Siap-siap 2 Hari Lagi Bulan Mulia Tiba, Ini Doa-doa Bulan Rajab dan Amalan Puasa hingga Dzikir

Analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh munculnya pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan munculnya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah utara Indonesia sehingga memengaruhi pola arah dan kecepatan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

Ilustrasi cuaca berawan di pagi hari.
Ilustrasi cuaca berawan di pagi hari. (Tribun Jabar/Tarsisius Sutomonaio)

Selain itu, kondisi labilitas atmosfer yang kuat di sebagian wilayah Indonesia dapat turut berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan awan hujan dalam skala lokal.

Berikut 26 provinsi tersebut:

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Halaman
1234
Editor: dedy herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved