Breaking News:

Majalengka Rangking 1 Nasional Penyerapan Anggaran dan Tercepat Penyaluran Dana Desa Se Jabar

Bagusnya lagi, bahwa kota angin mendapat ranking satu secara nasional terkait terbesar penyerapan anggarannya untuk seluruh Indonesia.

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Tugu Bola Dunia di Bunderan Munjul, Kelurahan Munjul, Kabupaten Majalengka menjadi spot selfie terbaru di Kabupaten Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Jawa Barat tercepat dalam penyaluran Dana Desa (DD) tahap I tercepat se-Provinsi Jawa Barat.

Bagusnya lagi, bahwa kota angin mendapat ranking satu secara nasional terkait terbesar penyerapan anggarannya untuk seluruh Indonesia.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengungkapkan, berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Dana Desa (DD) dimana pada peraturan menteri tersebut dijelaskan bahwa pencairan DD tahap I untuk Desa Non Mandiri sebesar 40 persen dan 60 persen untuk desa Mandiri.

Baca juga: Terekam CCTV, Heboh Nasabah Meninggal Mendadak Seusai Bertransaksi di Bank, Ini Dugaan Penyebabnya

Baca juga: Rocky Gerung Sebut Abu Janda Lebih Pantas Dimasukan ke dalam Pengadilan Anak, Ini Ucapan Menohoknya

“Pelaksanaannya sendiri dimulai pada bulan Januari tahun 2021,” ujar Karna, Senin (1/2/2021).

Ia mengatakan, Kabupaten Majalengka pada tahun ini mendapatkan alokasi DD sebesar Rp 391.668.514.000 untuk 330 desa.

Adapun penyaluran DD tahap I di Kabupaten Majalengka sudah mulai dilaksanakan pada 29 Januari 2021 kemarin untuk 265 desa non mandiri dan 23 desa mandiri dari rekening kas umum negara ke rekening kas desa sebesar Rp 116.515.135.000.

“Berdasarkan keterangan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kuningan, bahwa penyaluran DD tahap I di Kabupaten Majalengka menjadi kabupaten dengan penyaluran tercepat di Provinsi Jawa Barat dan terbesar penyerapan anggarannya untuk seluruh Indonesia,” ucapnya.

Berdasarkan peraturan Menteri Desa, Pembangunan dan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas pembangunan Dana Desa (DD) tahun 2021, lanjut bupati, dinyatakan bahwa prioritas penggunaan DD untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 Sustainable Development Goals (SDGs) desa.

Di antaranya Desa tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat Sejahtera, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Berenergi Bersihdan Terbarukan, Pertumbuhan ekonomi Desa Merata.

Halaman
1234
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved