Breaking News:

Ribuan Rumah di Pandeglang Terendam Banjir, Emil Bilang Bantuan Sudah Disalurkan ke Warga

Ribuan rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten, terendam banjir. Laporan dari BPBD Pandeglang, banjir tersebar di 7 kecamatan

(Dok. BPBD Pandeglang)
Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (29/1/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM - Ribuan rumah di Kabupaten Pandeglang, Banten, terendam banjir. Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, banjir tersebar di 7 kecamatan.

Kepala BPBD Pandeglang, Surya Darmawan, mengatakan, banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Rabu (27/1/2021).

Akibatnya sejumlah sungai, di antaranya Sungai Ciliman, meluap hingga ke permukiman. Tujuh kecamatan terdampak banjir antara lain Sukaresmi, Labuan, Carita, Pagelaran, Patia, Bojong dan Panimbang.

Total jumlah kepala keluarga (KK) terdampak yang sudah terdata sebanyak 1.195 KK.

"Ketinggian banjir 50-70 cm, saat ini sebagian wilayah sudah surut," kata Surya kepada Kompas.com melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat (29/1/2021).

Baca juga: Doa Rasulullah SAW Memohon Penyakit Segera Diangkat dan Sembuh, Juga Meminta Ampunan Segala Dosa

Baca juga: Siapa Cepat Dia Dapat! Segera Klaim Kode Redeem FF 29 Januari 2021 Bisa Tukar Hadiah Bundel dan Skin

Baca juga: Duel Ular Piton Vs Ayam Bangkok di Pekarangan Asrama Atlet Kuningan, Tim Damkar Langsung Bergerak

 Sementara sebagian lainnya, kata Surya, masih terendam, terutama pemukiman yang berada di bantaran sungai.

Kendati demikian, kata dia, warga terdampak enggan mengungsi. Mereka memilih bertahan di rumah sambil menunggu banjir surut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pandeglang, Emil Salim, mengatakan, bantuan untuk warga yang terdampak sudah disalurkan.

Bantuan yang dikirimkan antara lain makanan, obat-obatan hingga perlengkapan bayi. Kendati sudah mulai surut, BPBD Pandeglang mengimbau warga untuk tetap waspada terjadi banjir susulan lantaran hujan masih terus turun di wilayah tersebut.

BPBD meminta warga untuk memantau perkembangan cuaca, seperti dari BMKG yang rutin menyampaikan prakiraan cuaca terbaru harian.

Emil mengatakan, saat musim hujan seperti sekarang, setidaknya ada 14 kecamatan yang masuk ke dalam zona waspada bencana banjir dan longsor.

"Seperti kecamatan Cadasari, Mandalawangi, dan Cimanuk potensi longsor ada karena berada di perbukitan, sementara di wilayah selatan seperti Cikeusik, Angsana, Sindangresmi, Munjul potensi banjir," kata Emil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banjir Terjang 7 Kecamatan di Pandeglang Banten, Ribuan Rumah Terendam", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/01/29/14232641/banjir-terjang-7-kecamatan-di-pandeglang-banten-ribuan-rumah-terendam.
Penulis : Kontributor Banten, Acep Nazmudin
Editor : Farid Assifa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved