Breaking News:

Harga Kelinci Hias di Kuningan Rp 2,5 Juta, Ini Rahasianya Supaya Harga Kelinci Bisa Mahal

Saat itu, mereka memiliki sebanyak 10 ekor kelinci ada dengan satu jenis kelamin laki-laki sebagai jantan sisanya betina

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Tangkapan Layar Video
Ternak kelinci hias di Kuningan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Harga jual kelinci hias di Kuningan dibanderol hingga mencapai  Rp 2,5 juta. Harga jual itu terdapat pada kelinci berjenis fujilove yang baru berumur sekitar 5 bulan.

Demikian hal itu dikatakan Kurniawan (28), seorang peternak kelinci, saat ditemui di kandang ternak kelinci, di Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Selasa (26/1/2021).

Kurniawan mengatakan, usaha ternak kelinci hias ini tidak dilakukan secara pribadi. Melainkan usaha ternak ini merupakan kelompok yang berada di bawah naungan Komunitas Kelinci Kuningan.

“Iya, kami di sini ternak kelinci hias bareng pemuda lain. Usaha ternak kelompok dikenal dengan nama Farm Jaya Rabbit, yang berjalan sejak beberapa tahun lalu,” katanya.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Rabu 27 Januari: Taurus dan Aries Akan Senang, Tapi Capricorn Akan Merasa Bosan

Baca juga: Kecelakaan Maut di Prabumulih, Rombongan Jemaah Masjid Tertabrak Kereta Api, Dua Orang Meninggal

Baca juga: Anak Gugat Orangtua Rp 3 M Mengarah Damai, Dedi Mulyadi Masih Ingin Pertemukan Koswara dan Deden

Usaha ternak hingga besar seperti ini, kata Kurniawan, pada mulanya melakukan budidaya kelinci hias dengan Asep Saepullah (25) yang masih saudara kandung alias adiknya.

“Jadi awalnya,  kami hobi memelihara dan beternak kelinci sejak tahun 2017 lalu, dan pada waktu itu ternak jenis kelinci lokal,” kata Kurniawan.

Saat itu, mereka memiliki sebanyak 10 ekor kelinci ada dengan satu jenis kelamin laki-laki sebagai jantan sisanya betina. “Dari satu jantan dan sembilan betina, kami kembangkan dan sekarang bisa dilihat langsung,” katanya.

Jenis kelinci yang diternak di Farm Jaya Rabbit ini merupakan jenis kelinci hias.

“Iya, kelinci yang kami kembangbiakkan ini semua hias, seperti jenis fujilove, flemis giant, Netherlands dwarf, lion head dan jenis lainnya,” ujarnya.

Mengenai perkembangbiakan, kata dia, selama 30 hari indukan kelinci melahirkan rata-rata lima ekor anak. Hal itu tentu sebelumya, melalui perkawinan dengan campur tangan dan selama 75 hari itu bisa dipanen alias siap jual anak kelinci hias.

"Hitungan dari 75 hari itu selama 45 hari waktu mendapat nutrisi dari indukan alias menyusui. Kebiasaan ini dilakukan pada hitungan sekitar satu bulan lamanya,” ujarnya.

Anakan kelinci jenis fujilove di bawah umur lima bulan ini bisa dibanderol seharga Rp 140 ribu dan untuk satu pasang kelinci hias dengan umur di bawah lima bulan ini dijual seharga Rp 250 ribu.

“Kemudian untuk menghasilkan kelinci berkualitas, tentu tidak lepas dari perawatan lingkungan kandang dan melakukan pemeriksaan kesehatan pada kelinci itu sendiri, serta memberikan pakan yang bagus,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved