Breaking News:

Pandemi Belum Berakhir, Pemasukan Pajak di Majalengka Tahun 2021 Khawatir Tidak Lampaui Target

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka akan berupaya keras semaksimal mungkin untuk memenuhi capaian target tersebut. 

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
Istimetwa
Bapenda Majalengka menggelar kegiatan Anugerah Pajak Daerah tahun 2020 di salah satu hotel di Majalengka beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Capaian penerimaan pajak Kabupaten Majalengka di tahun 2021 ini dikhawatirkan tidak mencapai target.

Hal ini disebabkan dampak pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Majalengka akan berupaya keras semaksimal mungkin untuk memenuhi capaian target tersebut. 

Kepala Bapenda Kabupaten Majalengka Aeron Randi menjelaskan, jika mengacu pada tahun 2020 kemarin, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perpajakan di Kabupaten Majalengka mencapai Rp 113 miliar dari target tentukan.

Baca juga: Tujuh Pasien Covid-19 Diisolasi di The Radiant Cirebon, Kadinkes: Ada Nakes dan Masyarakat Umum

Baca juga: Cara Hitung Masa Berlaku Hasil Rapid Antigen dan PCR, Syarat Penumpang Naik  Kereta Api

Baca juga: Bupati Cirebon Akui Kesadaran Masyarakat dalam Mematuhi Prokes Perlu Digenjot

Sementara, pada tahun ini ada kenaikan target mencapai Rp 176 miliar.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, selain dampak Covid-19, di antaranya daya beli masyarakat mulai menurun, karena berbagai faktor yang mempengaruhinya. 

"Kami sebenarnya sudah berusaha keras untuk merealisasikan pajak dari 9 sumber pajak yang dikelola oleh Bapenda. Tetapi karena Pandemi ini, target yang diharapkan mengalami kendala," ujar Aeron saat dikonfirmasi, Sabtu (23/1/2021).

Sembilan sumber pajak yang dikelola di antaranya pajak hotel, restoran, reklame, air tanah, hiburan, penerangan jalan, BPHTB serta pajak PBB P2.

Dari sembilan sumber pajak itu semuanya over target, hanya ada dua sumber pajak yang tidak sesuai target, yakni pajak BPHTB dan pajak PBB P2.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved