Breaking News:

Penambangan Batu di Kawasan Wisata Sukageuri View Disegel Petugas Satpol PP, Ini Penyebabnya

lokasi penambangan batu yang dilakukan secara tradisional oleh sebagian masyarakat, juga bertentangan dengan Perda Kuningan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Satpol PP Kabupaten Kuningan menyegel penambangan batu di kawasan objek wisata Sukageuri, Desa Cisantana, Cilimus, Jumat (15/1/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Lokasi penambangan batu di kawasan objek wisata Sukageuri View, di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, disegel petugas Polisi Pamong Praja Kuningan, Jumat (15/01/2021).

Menurut Kasatpol PP Kuningan, Agus Basuki, penyegelan lokasi galian batu tersebut berdasarkan permintaan pihak pemerintahan desa setempat.

"Mereka khawatir dampak dari galian yang berada sekitar objek wisata Sukageuri ini bisa membahayakan para pengunjung.  Bahkan, bisa membahayakan keselamatan para penambangnya juga," ungkap Agus.

Baca juga: Sekda Subang Ditahan Kejaksaan, Terlibat Kasus SPPD Fiktif, Negara Dirugikan Rp 835 Juta

Baca juga: Apoteker RSUD Kuningan Meninggal Akibat Positif Covid-19, Agus Mauludin Beri Penjelasan Ini

Baca juga: Harga HP Xiaomi Teranyar di Januari 2021, dari 1 Jutaan hingga 9 Jutaan, Seri Mi 10T hingga Redmi 9C

Disamping itu, kata Agus, lokasi penambangan batu yang dilakukan secara manual oleh sebagian masyarakat, juga bertentangan dengan Perda Kuningan.

“Perda yang melarang adanya lokasi galian di kawasan barat terutama di lereng Gunung Ciremai, dan kegiatan usaha itu tak disertai izin resmi dari pemerintah,” kata Agus lagi.

Saat proses penyegelan, petugas tidak menemui kesulitan dan kendala. Penyegelan berjalan lancar, karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

"Dalam sosialisasi sebelumnya pun masyarakat penambang tersebut, juga menyatakan siap berhenti beroperasi," ujar Agus. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved