Breaking News:

Profil Gatot Eddy Pramono Disebut IPW Sebagai Calon Terkuat Kapolri Pengganti Jenderal Idham Azis

Indonesia Police Watch (IPW) menyebut jika Komjen Gatot Eddy Pramono sebagai kandidat terkuat Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz. 

Editor: Mumu Mujahidin
(RAMADHANI/KOMPAS.com)
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono 

TRIBUNCIREBON.COM - Nama-nama calon terkuat Kapolri semakin mengerucut.

Wakil Kapolri Komjen Gatot Eddy Pramono disebut-sebut memiliki peluang sangat besar.

Bahkan Indonesia Police Watch (IPW) menyebut jika Komjen Gatot Eddy Pramono sebagai kandidat terkuat Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz. 

Gagasan memasukkan Komjen Gatot Eddy Pramono sebagai kandidat calon Kapolri menurut Ketua Presidium IPW Neta S Pane mulai menguat di lingkungan istana.

Menurut Neta, nantinya, Presiden Jokowi juga akan sekaligus menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Wakapolri untuk menggantikan posisi Gatot.

"Saat ini ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian Kapolri dan Wakapolri, yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy," kata Neta dalam keterangannya, Rabu (6/1/2021).

Dari pantauan IPW, gagasan tersebut semakin serius dibahas kalangan Istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi menjelang penyerahan nama Kapolri baru ke DPR.

Ini setelah Wanjakti Polri dan  Kompolnas menyampaikan usulan nama nama calon Kapolri kepada Presiden.

"Diperkirakan usulan nama calon Kapolri itu sudah disampaikan Wanjakti Polri, sementara usulan nama dari  Kompolnas diperkirakan baru diserahkan pada Jumat 8 Januari 2021," ungkap dia.

Setelah mendapatkan usulan nama-nama calon Kapolri, Presiden akan memilih satu nama yang kemudian pada Senin 11 Januari 2021 diserahkan kepada DPR agar Komisi III DPR bisa melakukan uji kepatutan, sebelum Kapolri Idham Azis pensiun pada 25 Januari 2021.

Baca juga: Tiga Sosok Komjen Calon Kuat Kapolri Pengganti Jenderal Pol Idham Azis, Simak Rekam Jejaknya

Baca juga: Boy Rafli Amar Disebut-sebut Telah Dipilih Jokowi Jadi Calon Kapolri, Begini Respon DPR RI

"Di lingkungan Istana Kepresidenan saat ini memang sudah mengkristal dua nama calon Kapolri, yakni dari senior Akpol 88 dan junior Akpol 91.

Sementara dari kalangan internal Polri berharap Presiden Jokowi memilih jenderal senior sebagai Kapolri pengganti Idham Azis.

Begitu juga untuk posisi Wakapolri diharapkan dipilih dari jenderal senior dan bukan jenderal junior," jelasnya.

Dengan demikian pada priode 2021 sampai 2024, Presiden Jokowi masih bisa mengangkat dua kapolri lagi.

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved