Breaking News:

Virus Corona

Dua Pelaku Perjalanan Positif Covid-19 Hasil Rapid Test Antigen di Rest Area Tol Cipali & Cipularang

Dari 133 pelaku perjalanan, dua di antaranya positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen di rest area Tol Cipali dan Cipularang.

Humas Jabar
Hasil rapid test antigen di rest area Tol Cipali dan Cipularang 

TRIBUNCIREBON.COM- Selama dua hari pelaksanaan pada 24 dan 25 Desember 2020, dari 133 pelaku perjalanan, dua di antaranya positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen di rest area Tol Cipali dan Cipularang.

Rapid test antigen tersebut digelar oleh komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar

Pengendara yang positif Covid-19 diharuskan mengunjungi unit kesehatan terdekat untuk melaksanakan pengetesan metode uji usap (swab test) PCR dan menjalani isolasi mandiri sampai hasil PCR keluar.

"Kami berkolaborasi dengan Dishub Kabupaten/Kota, Satpol PP Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi maupun Kabupaten/Kota, TNI/Polri, dan Jasa Marga," ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jabar Hery Antasari, di Rest Area 97B, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (26/12/2020)

"Kolaborasi ini dilakukan agar pengetesan berjalan optimal. Pelaku perjalanan yang dinyatakan positif Covid-19 mendapat penanganan yang tepat," imbuhnya.

 Hery Antasari mengatakan, pihaknya menyiapkan 2.600 rapid test antigen untuk pelaku perjalanan dalam pengetesan kali ini.

Rapid test antigen tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain pelaksanaan rapid test antigen, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jabar memeriksa penerapan protokol kesehatan 3M di rest area Tol Cipali maupun Cipularang.

Hery pun mengimbau pelaku perjalanan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan melakukan pengetesan guna memastikan dirinya negatif Covid-19.

"Anggap saja kita sedang berkomunikasi dengan orang positif Covid-19. Jadi kita harus pakai masker dengan benar dan jaga jarak. Atau kita anggap diri kita membawa virus. Bagaimana kita jangan sampai menularkan kepada orang lain," katanya.

Penulis: Mutiara Suci Erlanti
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved