Breaking News:

Pelaksanaan New Normal

Vaksin Sinovac Buatan China Uji Cobanya Dibilang Memuaskan, Turki pun Terkesan, Indonesia Tetap Mau?

Vaksin Covid-19 asal Cina, Sinovac Biotech, yang sudah berada di Indonesia ternyata diklaim memiliki keefektifan 91,25 persen.

Istimewa
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China. 

TRIBUNCIREBON.COM - Vaksin Covid-19 asal Cina, Sinovac Biotech, yang sudah berada di Indonesia ternyata diklaim memiliki keefektifan 91,25 persen.

Klaim kefektifan vaksin virus corona itu merupakan data sementara dari hasil uji coba tahap akhir yang berlangsung di Turki.

Data tersebut, menunjukkan potensi jauh lebih baik dari laporan uji coba vaksin terpisah di Brasil, seperti yang dilansir Tribuncirebon.com dari Kompas.com yang juga melansir dari Inquirer pada Jumat (25/12/2020).

Para peneliti di Brasil, yang juga menjalankan uji coba terakhir fase III vaksin, mengatakan pada Rabu (23/12/2020) bahwa suntikan itu lebih dari 50 persen efektif.

Namun, Brasil menahan hasil penuh atas permintaan perusahaan, menimbulkan pertanyaan tentang transparansi uji coba vaksin.

Peneliti Turki mengatakan pada Kamis (24/12/2020) bahwa tidak ada efek samping utama yang terlihat selama percobaan mereka, selain dari satu orang yang memiliki reaksi alergi.

Uji coba vaksin di Turki dimulai pada 14 September, dan para peneliti mengatakan ada 1.322 orang telah ambil bagian.

Adapun Sinovac adalah pembuat vaksin Cina pertama yang merilis perincian dari uji klinis tahap akhir.

Vaksin Sinovac Biotech disebut juga memiliki hasil positif seperti produk saingan yang dikembangkan oleh Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca, pada bulan lalu.

Para peneliti Turki berbicara bersama Menteri Kesehatan Fahrettin Koca menambahkan, bahwa 26 dari 29 orang yang terinfeksi selama uji coba diberi plasebo, akan berlanjut hingga 40 orang menjadi terinfeksi.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved