Breaking News:

Kata-kata Terakhir Terawan Sepulang dari Istana Sebelum Reshuffle: Pak Jokowi Sayang Saya

“Pak Jokowi sayang saya, mas,” hanya itu jawaban yang muncul ketika saya tanya perihal pembicaraan dengan Presiden Jokowi," tuturnya.

Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Kata-kata Terakhir Terawan Sepulang dari Istana Sebelum Reshuffle: Pak Jokowi Sayang Saya 

TRIBUNCIREBON.COM - Pembicaraan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Presiden Jokowi diungkap salah satu tenaga ahli Kementerian Kesehatan Andi.

Pertemuan Jokowi dengan Terawan terjadi pada Senin (21/12/2020) sehari sebelum perombakan Kabinet Indonesia Maju.

Namun Andi memastikan Terawan legowo dilepas jabatannya dari Menkes.

Namun dirinya menilai banyak jejak langkah Terawan yang perlu ditandai, mungkin kelak untuk dikenang, selama ia lima belas bulan menahkodai Kementerian Kesehatan.

Memang sebelum akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantinya dengan Budi Gunadi Sadikin, menurutnya, tak sedikit upaya yang dilakukan Terawan untuk memajukan sektor kesehatan, terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan dan modernisasi fasilitas kesehatan di rumah sakit.

"Pak Terawan misalnya mendorong sejumlah Politeknik Kesehatan (Poltekkes) menjadi Institut Ilmu Kesehatan agar terlahir tenaga kesehatan yang handal dan berkualitas," kata Andi kepada wartawan, Jumat (25/12/2020).

Dirinya ingat, di hari terakhirnya sebagai Menteri Kesehatan, pada Selasa (22/12) Terawan masih meresmikan ruang isolasi Covid-19 di Rumah Sakit Fatmawati Jakarta.

Hari itu ia juga berkunjung ke sejumlah rumah sakit di Ibu Kota untuk memastikan fasilitas layanan kesehatan dalam kondisi baik.

"Saya tahu persis tak ada pekan tanpa kunjungan ke daerah, bagi Pak Tewaran. Ia antara lain memastikan kesiapan rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19. Sampai-sampai ia tak sempat berkumpul bersama keluarga di akhir pekan," ujarnya.

Salah seorang pejabat di Kementerian Kesehatan bertutur kepada Andi tentang adanya perubahan “iklim” kerja setelah Terawan memimpin.

Halaman
12
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved