Breaking News:

1000 Rapid Test Antigen Disiapkan, Ini Delapan Titik Pemeriksaan di Tol Cipali dan Tol Cipularang

pemeriksaan atau rapid test antigen akan dilaksanakan di sejumlah rest area atau tempat pemberhentian sementara di ruas jalan tol di Jawa Barat.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang saat menjalani rapid test antigen 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Satpol PP Provinsi Jawa Barat bersama Polri dan TNI akan melakukan rapid test antigen kepada masyarakat yang bepergian, baik dari Bandung menuju Jakarta maupun sebaliknya di masa libur akhir tahun 2020.

Informasi pemeriksaan tersebut awalnya beredar di media sosial melalui sebuah surat dari Satpol PP Provinsi Jabar.

Berdasarkan surat bernomor 2437/HUB.05.01/Sekretariat disebut bahwa pemeriksaan akan dijalankan di sejumlah rest area atau tempat pemberhentian sementara di ruas jalan tol di Jawa Barat.

"Pemeriksaan/screening rapid antigen dan swab secara masif kepada masyarakat serta pengunjung di beberapa rest area pada 24 sampai 27 Desember, dan 30 sampai 31 Desember," tulis surat tersebut.

Baca juga: Baru Dua Hari Kerja, Penjaga Konter Dikirimi Video Tak Senonoh Oleh Bosnya, Pelaku Pamer Kelamin

Kepala Satpol PP Jabar, Ade Afriandi, tidak menampik informasi mengenai surat yang beredar dan ditandatanganinya tersebut. Bahkan dia membenarkan mengenai akan adanya pengecekan tersebut.

"Iya betul (terkait surat tersebut)," kata Ade saat dihubungi, Rabu (23/12).

Pengecekan dan pengetesan ini rencananya dilakukan di ruas tol, yakni Cipularang dan Cipali. Di Tol Cipularang pemeriksaan akan berlangsung di rest area KM 97, 57, 72A, dan 72B. Sedangkan untuk di Tol Cipali berjalan di rest area KM 86A, 86B, 101B, dan 102A.

"Laporan dari Sub Div Pengujian Satgas Covid19 Jabar, kurang lebih ada 1.000 unit test antigen, masing-masing rest area sekitar 100 unit. Dilakukan secara random selama empat hari," kata Ade.

Baca juga: Enggak Terima Suaminya Dinyatakan Meninggal karena Covid-19, Ayom Gugat RS Dadi Keluarga Rp 5 Miliar

Melalui surat ini, Ade pun berharap aparat dari berbagai pihak bisa ikut serta melakukan pengawasan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan menggelar pengetesan masif dengan rapid test antigen bagi wisawatan. Tujuannya untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Jelang libur Natal dan Tahun Baru, kami akan melakukan operasi di pintu masuk Jawa Barat, dan kami akan menyiapkan rapid test antigen. Kalau ada yang positif, kami akan kembalikan ke daerah asal,” kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. 

Pemda Provinsi Jabar akan menyiapkan 65.000 rapid test antigen. Rinciannya, 40.000 rapid test antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 25.000 buah dari pengadaan Belanja Tak Terduga (BTT).

Baca juga: Daftar Nama-nama 7 Jenderal Polisi yang Dimutasi oleh Kapolri Jenderal Idham Azis

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar melarang perayaan Tahun Baru 2021 yang dapat menyebabkan kerumunan. Larangan tersebut berlaku untuk perayaan di dalam maupun luar ruangan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved