Breaking News:

China Panas dengan Korea Selatan, Negeri Tirai Bambu Berani-beraninya Mengklaim Kimchi

"Bumbu utuh ditambahkan ke dalam air garam Pao cai dan sayuran tidak pecah sepenuhnya selama proses pengawetan," kata Wei.

splendidtable.org
Kimchi 

TRIBUNCIREBON.COM - Makanan fermentasi alias acar sangat populer di seluruh dunia.

//

Orang Jerman punya sauerkraut, asinan kubis, orang India punya achaar, dan orang Korea memiliki kimchi, hidangan nasional Korea Selatan.

Tradisi membuat dan membagikannya terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO yang "menegaskan kembali identitas Korea".

Kimchi menjadi bagian integral dari setiap makanan, sedemikian rupa sehingga ketika Korea Selatan meluncurkan astronot pertamanya ke luar angkasa pada tahun 2008, kimchi ikut terbang bersamanya.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, klaim Korea Selatan atas salah satu ekspor budaya dan kulinernya yang paling populer ini terancam.

Semuanya dimulai akhir bulan lalu ketika Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) yang berbasis di Swiss mengunggah peraturan baru untuk pembuatan Pao cai, hidangan sayur acar serupa dari Sichuan, China.

Seperti yang dilaporkan BBC News, meskipun daftar ISO dengan jelas menyatakan "dokumen ini tidak berlaku untuk kimchi," surat kabar China Global Times dengan cepat menulisnya, mengklaim sertifikasi itu sebagai "standar internasional untuk industri kimchi yang dipimpin oleh China".

Baca juga: Barcelona Genting, Sejumlah Pemain Blaugrana Anggap Lionel Messi Pengkhianat Menjijikan, Kenapa ya?

Kementerian Pertanian Korea Selatan menolak klaim China tersebut, dengan pernyataan yang mengatakan,

"Tidak pantas melaporkan (sertifikasi Pao cai) tanpa membedakan kimchi dari Pao cai-nya Sichuan, China."

Halaman
1234
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: BBC Indonesia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved