Breaking News:

Mulai Besok, Daop 3 Cirebon Berlakukan Syarat Rapid Test Antigen untuk Naik Kereta Api Jarak Jauh

PT KAI Daop 3 Cirebon memberlakukan syarat rapid test antigen untuk menaiki kereta api jarak jauh mulai Selasa (22/12/2020) besok.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Penumpang saat akan menaiki rangkaian KA Argo Cheribon di Stasiun Cirebon, Jl Inspeksi, Kota Cirebon 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon memberlakukan syarat rapid test antigen untuk menaiki kereta api jarak jauh mulai Selasa (22/12/2020) besok.

Karenanya, para penumpang yang akan menaiki kereta api jarak jauh di Pulau Jawa harus menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen yang menyatakan negatif Covid-19.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Wisnu Pramudyo, mengatakan, Aturan tersebut sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: INI Daftar HP yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp di Tahun 2021, Handphone Anda Termasuk?

Baca juga: Tak Terima Disuruh Berhenti Main Game, Seorang Pria Tega Bunuh Ibu dan Ayah Tirinya

Selain itu, menurut dia, Kemenhub RI juga mengeluarkan Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

"PT KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Wisnu Pramudyo kepada Tribuncirebon.com, Senin (21/12/2020).

Ia mengatakan, syarat surat keterangan negatif rapid test antigen bagi penumpang kereta api jarak jauh berlaku mulai 22 Desember 2020 - 8 Januari 2021.

Baca juga: Seorang Dokter Bocorkan Cara Sembuh dari Gejala Covid-19, Tanpa Harus Dirawat di Rumah Sakit

Selama periode tersebut, para penumpang kereta api jarak jauh di Pulau Jawa harus menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

Selain itu, penumpang bisa juga menggunakan surat keterangan negatif Covid-19 hasil swab test PCR paling lambat 14 hari sebelum keberangkatan (H-14).

"Adapun syarat-syarat itu tidak diwajibkan untuk penumpang kereta api jarak jauh yang berusia di bawah 12 tahun," kata Wisnu Pramudyo.

Baca juga: INI Obat Sakit Gigi Paling Manjur dan Banyak Dicari Orang, Rugi Banget Kalau Enggak Tahu

Wisnu menyampaikan, seluruh penumpang kereta api wajib mematuhi protokol kesehatan dari mulai keberangkatan hingga tiba di stasiun tujuan.

Selain itu, penumpang juga harus dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk, maupun demam, memakai masker, dan suhu badannya tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Selama dalam perjalanan, para penumpang pun diwajibkan menggunakan face shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved