Breaking News:

Pasar Induk Ikan Hias Diresmikan, Lengkapi Fasilitas di Kawasan Objek Wisata Waduk Darma

Pasar Induk Ikan Hias ini bertujuan untuk meningkatkan penjual ikan hias di wilayah III Cirebon, terutama di Kabupaten Kuningan

Istimewa
Bupati Kuningan H Acep Purnama di sela peresmian Pasar Induk Ikan Hias di Desa Bakom, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Sabtu (12/12/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN  - Pasar induk ikan hias di Desa Bakom, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, melengkapi nuansa wisata perairan kawasan Waduk Darma.

Hal itu menyusul dengan peresmian lokasi pasar induk tersebut, tidak jauh dari kawasan Waduk Darma, Sabtu (12/12/2020).

Ketua Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Tunas Harapan Desa Bakom,  Nevo, mengatakan, pasar induk ikan hias didirikan atas inisiatif Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Tunas Harapan.

Baca juga: HUT ke-27, Hotel Santika Cirebon Berikan Harga Spesial bagi Tamu yang Menginap

Baca juga: Polisi Bilang Habib Rizieq Shihab Takut Ditangkap, Makanya Menyerah dan Datang ke Polda Metro Jaya

Baca juga: Foto Pria Tidur Sambil Tersenyum Bukan Laskar FPI, Orangnya Masih Hidup, Dia Protes: Kok Bisa Viral

“Bertujuan untuk meningkatkan penjual ikan hias di wilayah III Cirebon, terutama di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya Nevo saat ditemui disela peresmian Pasar Induk Ikan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama.

Pasar induk ikan hias disini, kata dia, diyakini akan menjadi ikon penjualan di Kuningan dengan melihat lokasi yang cukup strategis berada di daerah wisata.

“Ikan hias yang kami jajakan di sini cukup lengkap, mulai ikan hias ukuran kecil hingga ukuran besar dengan harga bervariatif,” ujarnya.

Ditempat sama, Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan bahwa pembentukan pasar induk ikan hias ini bertujuan mendongkrak ekonomi kerakyatan khususnya di Desa Bakom. “Kepada lapisan masyarakat sekitar, semoga ini menjadi dorongan peningatan eknomi dan dapat bangkit kembali dari dampak covid-19,” kata Acep.

Diketahuinya, lanjut Acep mengatakan bahwa Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat setidaknya ada 4.720 jenis ikan baik tawar maupun laut dan 650 spesies diantaranya adalah ikan hias.

“Potensi ini menjadi nilai strategis bagi Indonesia dalam menggenjot penerimaan negara dari sumber devisa atas ekspor ikan hias,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved