Breaking News:

VIDEO - Uji Coba Flyover Jalan Jakarta-WR Supratman Bandung Sampai Selasa, Solusi Bebas Macet

pola arus lalu lintas satu arah bagi akses kendaraan dari Jalan Antapani (Ters. Jakarta) yang melintasi flyover Pelangi dan kendaraan dari Jalan Ibrah

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Uji Coba rekayasa arus lalu lintas tahap pertama dari flyover simpang Jalan Jakarta - Supratman di mulai hari ini (7/12/2020) dan esok (8/12/2020).

Dalam penerapannya, para petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polrestabes Bandung mengaplikasikan pola arus lalu lintas satu arah bagi akses kendaraan dari Jalan Antapani (Ters. Jakarta) yang melintasi flyover Pelangi dan kendaraan dari Jalan Ibrahim Adji yang menuju Jalan Jakarta dan Jalan Supratman 

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di lokasi uji coba flyover simpang Jalan Jakarta - Supratman, tampak para petugas telah memasang kanalisasi menggunakan traffic cone, guna membagi akses lajur kendaraan yang melintas di Jalan Jakarta menuju Jalan Sukabumi dan yang akan naik ke flyover menuju Jalan Supratman.  

Baca juga: Suami Sengaja Datang ke Salon Milik Istri, Temui Karyawan Cewek, Nyonya Datang, Pelakor Auto Disiksa

Baca juga: Ridwan Kamil Warning Habib Rizieq Shihab, Jangan Bawa Massa Saat Hadiri Pemanggilan di Polda Jabar

Baca juga: 6 Orang FPI Tewas, Pengamat Menduga Ada Penyusupan Radikalisme: Kalau Tak Bahaya yang Ditembak Kaki

Selain itu, petugas pun menerapkan rekayasa arus lalu lintas pola satu arah di Jalan Bogor, sehingga akses tersebut, hanya dapat digunakan bagi kendaraan yang melintas dari Jalan Ahmad Yani untuk belok kanan menuju Jalan Jakarta.

Sedangkan dari arah sebaliknya ditutup. Kemudian, rekayasa lalu lintas pola satu arah lainnya berada di Jalan Sukabumi, dimana kendaraan yang melintas dari Jalan Sukabumi tidak dapat belok kanan guna melintas ke Jalan Cianjur, begitupun sebaliknya. 

Petugas pun menonaktifkan traffic light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di simpang Jalan Ahmad Yani atau di depan SPBU Supratman dan KFC Ahmad Yani, sehingga kendaraan dari arah Jalan Ahmad Yani menuju arah Jalan Cicadas dapat terus melanjutkan perjalanan tanpa terhenti.

Sedangkan, kendaraan dari Jalan Jakarta hanya dapat belok kiri menuju ke Jalan Ahmad Yani dan tidak dapat menuju ke Jalan Supratman karena dipasangi kanalisasi traffic cone.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung, Khairur Rijal mengatakan, proses ujicoba rekayasa arus lalu lintas di flyover simpang Jalan Jakarta - Supratman telah dimulai hari ini sejak pukul 06.00 WIB.

Adapun rekasaya arus lalu lintas di flyover tersebut, akan berlangsung dengan menggunakan dua skenario yaitu, pola satu arah dan dua arah.

"Hari ini kami ujicobakan rekayasa lalu lintas pola satu arah dari Jalan Jakarta menuju Jalan Supratman dengan melintasi naik flyover, dan dari penerapan pola itu, alhamdulilah berlangsung dengan cukup baik," ujarnya ditemui Tribun Jabar di lokasi uji coba flyover simpang Jalan Jakarta-Supratman, Senin (7/12/2020).

Rijal menuturkan, meskipun sempat terjadi kepadatan kendaraan yang akan naik ke flyover sekitar pukul 07.30-08.30 WIB yang disebabkan oleh beban puncak dan adaptasi arus lalu lintas.

Namun, hal tersebut dapat diantisipasi oleh para petugas dengan cara  mengatur arus lalu lintas dan pemasangan kanalisasi menggunakan traffic cone bagi kendaraan di Jalan Jakarta menuju Jalan Supratman sebelum melintas naik ke flyover.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved