Breaking News:

Sukabumi Dilanda Bencana, Mulai Longsor, Pohon Tumbang Hingga Pergerakan Tanah, Tak Ada Korban Jiwa

Tak hanya di Kecamatan Cimanggu, angin kencang, banjir dan longsor juga menerjang beberapa Kampung di Kecamatan Simpenan.

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa/BPBD Kabupaten Sukabumi
Longsor juga menerjang beberapa Kampung di Kecamatan Simpenan. Yakni di Kampung Selagedang, Kampung Cinyocok dan Kampung Cikopeng, Desa Cidadap. 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, hujan deras disertai angin kencang itu mengakibatkan sejumlah bencana terjadi.

Di antaranya longsor, pergerakan tanah dan pohon tumbang yang merusak rumah. Hari ini saja, dalam keterangannya Daeng melaporkan, ada beberapa bencana terjadi.

Baca juga: Bacaan Doa Sholat Tahajud dan Niat Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaan Dzikirnya

Baca juga: Ridwan Kamil Warning Habib Rizieq Shihab, Jangan Bawa Massa Saat Hadiri Pemanggilan di Polda Jabar

Baca juga: Harga iPhone Desember 2020: iPhone 7 Plus, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020 Hingga iPhone 12

Baca juga: 6 Orang FPI Tewas, Pengamat Menduga Ada Penyusupan Radikalisme: Kalau Tak Bahaya yang Ditembak Kaki

Salah satunya angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang menimpa musala terjadi di Kampung Tegal Panjang RT 02/01 Desa Sukajadi, dan Kampung Ciengang RT 13 RW 04 Desa Sukamanah, Kecamatan Cimanggu.

Daeng mengatakan, bencana itu terjadi pada Minggu (6/12/2020) dan Senin (7/12/2020) siang.

"Hujan intensitas sedang dan di sertai angin kencang sebuah pohon tumbang menimpa bagian atap musala (di Tegal Panjang) yang mengakibatkan hancurnya beberapa genting dan bagian lispang, dan pohon tumbang (di Ciengang) menimpa atap satu rumah warga di bagian teras hingga beberapa genting dan usuk kaso patah," ujarnya, Senin (7/12/2020).

Tak hanya di Kecamatan Cimanggu, angin kencang, banjir dan longsor juga menerjang beberapa Kampung di Kecamatan Simpenan.

Yakni di Kampung Selagedang, Kampung Cinyocok dan Kampung Cikopeng, Desa Cidadap.

"Curah hujan yang deras dan lama mengakibatkan longsor dan banjir di beberapa titik di daerah wilayah desa Cidadap, Kecamatan Simpenan yang mengakibatkan beberapa rumah rusak berat dan ringan dan beberapa rumah pemukiman penduduk terancam longsoran," jelasnya.

"Antara lain 2 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang, 15 rumah terdampak dan terancam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, untuk sementara warga yang terdampak mengungsi di rumah tetangga dan kerabat," katanya.

Selain di dua Kecamatan tersebut, bencana angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang juga terjadi di Kampung Pajagan  RT 25/10 Desa/Kecamatan Kabandungan.

Daeng menjelaskan, pohon tumbang tersebut menutup jalur protokol di wolayah tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kronologi Kejadian sekitar pukul 15.23 WIB, Senin (7/12) terjadi angin kencang yang mengakibatkan terjadinya musibah bencana pohon tumbang dijalur protokol yang menutup ruas jalan protokol Kabandungan," ujarnya.

Dari beberapa kejadian bencana tersebut, kerugian mencapai sekitar Rp 153 juta.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved