Breaking News:

Otomotif

Mau Beli Motor Bekas, Wajib Cek Angka Kilometernya ya, Itu Mempengaruhi Harga Jual Lho

Selain harga, besaran kilometer juga akan pengaruh terhadap mesin. Sebab logikanya semakin kecil angka kilometer semakin baik mesin

Kolase AHM dan YIMM
Motor NMAX 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNCIREBON.COM - Membeli sepeda motor bekas harus memperhatikan beberapa kondisi, seperti kelengkapan surat, pajak, dan mesin.

Namun selain itu ada lagi yang perlu diperhatikan yaitu angka kilometer pada speedometer motor.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor, mengatakan, besaran kilometer itu sangat penting, sebab akan berpengaruh harga jual keseluruhan.

"Lihat kilometernya sudah banyak atau belum. Misalkan motor muda tapi kilometernya sudah banyak berarti motor itu sudah sering jalan. Harganya akan ngaruh," kata Yosia dilansir dari Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain harga, besaran kilometer juga akan pengaruh terhadap mesin. Sebab logikanya semakin kecil angka kilometer semakin baik mesin, sebaliknya, makin besar maka mesin rawan keausan. Meski hal itu tidak jadi patokan.

"Balik lagi nanti ke kondisi mesinnya. Tapi beli motor bekas sebaiknya kita lebih perhatikan mesin, karena bodi masih bisa dibeli. Sparepart masih ada apalagi kalau motor baru. Tapi kalau mesin susah nantinya," katanya.

Untuk itu, kata Yosia, saat mau membeli motor bekas sebaiknya motor itu dicoba langsung. Apalagi jika tujuan membeli motor itu untuk digunakan sehari-hari, maka harus melakukan tes jalan.

"Wajib tes jalan. Kalau kita ajak jalan dan ada bunyi yang di luar toleransi, gredek-gredek, dari mesin kasar suaranya pasti ketahuan. Tapi itu juga main feeling juga ya, seperti waktu digas terasa tidak enak dan lain lain" katanya.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Sejumlah Gunung di Indonesia Statusnya Waspada, Ini Daftarnya

Baca juga: Kejari Purwakarta Musnahkan Barang Sitaan 3 Tindak Pidana, Narkoba Paling Banyak, Darurat Narkoba?

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved