Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Kim Jong Un Tak Sudi Covid-19 Meluas di Korea Utara, Putuskan Hubungan Perdagangan dengan China

Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un merencanakan sejumlah cara untuk mengantisipasi pandemi Covid-19.

KCNA via NK News
Kim Jong Un berada di pabrik pupuk wilayah Sunchon utara Pyongyang, Korea Utara, Jumat (1/5/2020). Berikut foto-foto kemunculan Perdana Kim Jong Un setelah diisukan meninggal dunia. Terlihat sang adik, Kim Yo Jong, ada di dekatnya. 

TRIBUNCIREBON.COM - Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un merencanakan sejumlah cara untuk mengantisipasi pandemi Covid-19.

Dilansir CNN, sejumlah rencananya itu nampaknya terlalu berlebihan untuk dilakukan. 

Kim semakin memperketat perbatasan negara, memutus hubungan perdagangan dengan China, hingga diduga mengeksekusi pejabat bea cukai yang gagal menangani barang impor.

Jumlahnya mengalami penurunan hingga 99 persen dari September hingga Oktober, menurut data bea cukai China.

Untuk konteksnya, ekspor itu kurang dalam hal nilai dolar daripada China yang diekspor ke Liechtenstein dan Monaco selama Oktober.

China adalah mitra dagang terbesar Korea Utara.

Secara efektif, kehidupan warga Korut bergantung dengan barang-barang China karena rezim Kim Jong Un tidak mengimpor dari negara lain.

Baca juga: AS Tambah Dua Perusahaan China dalam Daftar Hitam, Salah Satunya CNOOC, Beijing Meradang

Baca juga:  Korea Selatan Gagalkan Upaya Korea Utara Meretas Data Produsen Vaksin Covid-19

Tangkapan layar yang diambil dari siaran KCNA pada 10 Oktober 2020 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara kepada peserta parade militer di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang.
Tangkapan layar yang diambil dari siaran KCNA pada 10 Oktober 2020 menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara kepada peserta parade militer di alun-alun Kim Il Sung di Pyongyang. (KCNA VIA KNS / AFP)

Sebelum Korut diberi sanksi PBB atas program senjata nuklir pada 2016 dan 2017, Beijing menyumbang lebih dari 90 persen perdagangan luar negeri ke Pyongyang.

Angka bea cukai baru, jika akurat, menunjukkan bahwa Kim tampaknya mengurangi atau bahkan memutuskan perdagangan dengan China.

Ini dilakukannya untuk mencegah virus corona masuk ke Korea Utara.

Halaman
1234
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved