Breaking News:

VIDEO - DPR RI dan Kementan Janji Akan Penuhi Kekurangan 10 Ribu Ton Pupuk Bersubsidi di Indramayu

Kekurangan tersebut akan dipenuhi dan siap dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan di tahun 2020 dan masa tanam pada Desember 2020 mendatang.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kekurangan pupuk bersubsidi untuk petani di Kabupaten Indramayu direspon cepat oleh Komisi IV DPR RI dan Kementerian Pertanian (Kementan).

Kekurangan tersebut akan dipenuhi dan siap dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan di tahun 2020 dan masa tanam pada Desember 2020 mendatang.

"Untuk ketersediaan pupuk tadi disampaikan sudah siap sehingga kebutuhan pupuk di 2020 sampai masa tanam di bulan Desember sudah kita siapkan," ujar Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono saat melakukan kunjungan spesifik di Gudang PT Pupuk Kujang di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Gubernur Jabar Kirim Radiogram, Tetapkan Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana Jadi Plt Wali Kota

Baca juga: Demi Lem Aibon Seorang Anak Tega Memukul dan Menendang Ibu Kandungnya Sendiri hingga Viral

Baca juga: Kisah Tukang Cilok dan Tukang Bakso yang Ternyata Intel Polisi Andalan, Warga Tertipu Penampilannya

Ono Surono mengatakan, setelah diurai permasalahannya, kekurangan pupuk bersubsidi ini dipicu oleh keterlambatan pemerintah Kabupaten Indramayu dalam mengusulkan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Oleh karena itu, ia meminta kepada Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu khususnya, segera menyiapkan usulan e-RDKK yang baru agar bisa segera diproses Kementan.

Dinas Pertanian juga diminta bisa memandu para petani membuat e-RDKK, sehingga permasalahan serupa tidak terulang di kemudian hari.

"Tentunya saya anggota Komisi IV Dapil Jabar VIII, mengimbau lah kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu terutama Dinas Pertanian untuk lebih mempersiapkan diri menyiapkan data-data," ucapnya.

Ditempat yang sama, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy mengatakan, alokasi pupuk bersubsidi untuk Provinsi Jawa Barat ada sebanyak 1.144 juta ton.

Realisasi sampai saat ini, sudah tersalurkan sebanyak 1.007 juta ton atau 88,05 persen.

Sedangkan, alokasi untuk Kabupaten Indramayu ada sebanyak 134.179 ton, dengan realisasi sampai saat ini sebanyak 125.395 ton atau 93,45 persen.

Adapun jika masih ada kekurangan, Kementan, disebutkan Sarwo Edhy siap menambah alokasi demi memenuhi kebutuhan para petani.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved