Breaking News:

Pelaksanaan New Normal

Satgas Covid-19 Pastikan Persiapan Vaksininasi Berjalan Baik: Sedang Finalisasi

Pemerintah terus melakukan persiapan program vaksinasi Covid-19 dan dipastikan kesiapan sudah berjalan dengan baik

shutterstocks
ilustrasi vaksin corona 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Pemerintah terus melakukan persiapan program vaksinasi Covid-19 dan dipastikan kesiapan sudah berjalan dengan baik.

Dikutip dari Kompas.Com, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan, pemerintah sudah siap melaksanakan program vaksinasi Covid-19 secara nasional.

Kesiapan tersebut, kata Wiku, baik secara logistik yang meliputi prosedur untuk menjaga suhu vaksin atau cold chain dan kualitas vaksin.

Baca juga: Jaga Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian, Mendag Dorong Pemasaran Secara Hybrid ditengah Pandemi

"Persiapan untuk menjaga kualitas dan efektivitasnya sudah berjalan dengan baik," kata Wiku saat menjawab pertanyaan media di Kantor Presiden, Kamis (26/11/2020) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, Wiku mengungkapkan, saat ini rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia sudah mencapai 97 persen.

"Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi untuk menentukan daerah prioritas yang akan memperoleh vaksin," kata Wiku seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Komisi IV DPR RI Banjir Keluhan Warga Bangka, Mulai Class Action hingga Nelayan Tak Bisa Cari Ikan

Keputusan tersebut, kata dia, diambil dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti jumlah kasus positif, jumlah penduduk, luas wilayah, dan sebagainya.

"Pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam program vaksinasi Covid-19," imbuhnya.

Di samping itu, Wiku mengatakan, jumlah SDM yang dibutuhkan tentunya menyesuaikan jumlah peserta vaksinasi.

Baca juga: Dorong UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19, Jasa Marga Salurkan Rp3,5 Miliar Untuk Mitra Binaan

Lalu, sambung Wiku, koordinasi yang dilakukan juga meliputi sarana pendukung lainnya yang dibutuhkan saat program vaksinasi dilakukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved