Breaking News:

Edhy Prabowo Disikat KPK

Menteri KKP Edhy Prabowo Disikat KPK, ICW Apresiasi, tapi Ingatkan Juga untuk Tangkap Harun Masiku

ICW mengapresiasi kinerja penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) yang menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dalam OTT

Istimewa
Politikus PDIP Harun Masiku 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Indonesia Corruption Watch ( ICW) mengapresiasi kinerja penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) yang menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dalam operasi tangkap tangan ( OTT).

Tapi, peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, penangkapan Edhy tersebut bukan berarti kondisi KPK masih seperti sedia kala sebelum revisi UU KPK.

"Pada dasarnya ICW mengapresiasi kinerja dari penyidik KPK yang pada akhirnya dapat meringkus Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Namun, proses hukum ini tidak begitu saja dapat diartikan bahwa kondisi KPK masih seperti sedia kala," kata Kurnia, dikutip Tribunjabar.id dari Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Usai Serahkan Diri, Dua Tersangka Kasus Suap Edhy Prabowo Ini Langsung Ditahan KPK

Baca juga: Gerindra Bicara Pengganti Edhy Prabowo di Kabinet, Siapkan Nama atau Terserah Pilihan Jokowi?

Kurnia mengatakan, sejak berlakunya revisi UU KPK, penindakan KPK menurun drastis akibat proses penindakan yang melambat dengan adanya Dewan Pengawas.

Kurnia pun mengingatkan KPK untuk tidak larut dalam euforia penangkapan Edhy.

Sebab, KPK masih memiliki hutang untuk segera meringkus eks caleg PDI-P Harun Masiku yang telah buron sejak Januari 2020.

"Dalam konteks ini ICW pun mempertanyakan: kenapa aktor selevel Menteri dapat ditangkap KPK, sedangkan Harun Masiku tidak?" kata Kurnia.

Ia pun mengusulkan agar Satuan Tugas Harun Masiku digantikan oleh tim yang sukses menangkap Edhy serta eks Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dan menantunya.

Seperti diketahui, KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam operasi tangkap tangan, Rabu (25/11/2020) dini hari.

KPK kemudian menetapkan Edhy sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap terkait izin ekspor bibit lobster.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved