Breaking News:

Fakta di Balik Foto Habib Rizieq Shihab Terbaring Sakit Dijenguk Anies Baswedan, Hasil Rekayasa

Dalam foto tersebut tampak dua orang paramedis dengan berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap memeriksa pasien tersebut.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Facebook
Beredar foto yang dinarasikan menggambarkan Habib Rizieq Shihab terbaring sakit dan sedang dijenguk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto ini diduga hasil manipulasi 

TRIBUNCIREBON.COM- Belum lama ini beredar sebuah foto di media sosial tampak seseorang yang sedang terbaring sakit dengan baju putih dan jenggot di dagunya.

Foto ini dinarasikan seolah orang terbaring itu adalah Imam Besar Front Pembela Islan (IB FPI) Habib Rizieq Shihab atau HRS.

Dalam foto tersebut tampak dua orang paramedis dengan berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap memeriksa pasien tersebut.

Baca juga: Artis Vernita Syabilla Ngaku Dibayar Rp 20 Juta untuk Layani Pria Hidung Belang: Ngamar 15 Menit

Baca juga: Buka-bukaan Jenita Janet Soal Pernikahannya Dengan Danu Sofwan, Fantasi Liar di Ranjang Terungkap

Baca juga: Profil Edhy Prabowo hingga Daftar Harta Kekayaan dan Perjalanan Karir Menteri KKP yang Diciduk KPK

Sementara juga tampak sosok pria yang menyerupai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menjenguk pasien tersebut.

Tak hanya sosok mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu saja tampak di dalam foto, juga ada sosok Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif.

Berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com melalui Google Image dan penelusuran di dunia maya, dapat diduga foto ini merupakan foto rekayasa.

Patut diduga foto ini adalah hasil penggabungan dari beberapa foto yang pernah menjadi foto ilustrasi berita media online.

tribunnews
Foto paramedis yang diduga merupakan foto dari sumber lain (Facebook)

Seperti dalam pemberitaan Kompas.com tertanggal Jumat (13/11/2020), pemberitaan itu menyajikan berita berjudul Pasien Positif Covid-19 Non Komorbid Meninggal, Kasus Pertama di Sukabumi.

Dalam foto itu, editor Kompas.com memasang foto dua paramedis yang sedang memeriksa pasien dengan pakaian APD lengkap selayaknya merawat pasien Covid-19.

Teks foto berita tersebut ditulis dengan kalimat Ilustrasi pasien corona Covid-19 dengan sumber foto dari situs layanan foto illustrasi Shutterstock/Kokbit Chamchod.

tribunnews
Repro pemberitaan yang menampilkan sosok dua paramedis berbaju APD lengkap (Repro Kompas.com)

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved