Breaking News:

Calo Tanah Mendadak Kaya Raya, Sehari Duit di Rekening dari Cuma Rp 5,8 Juta jadi Rp 25,8 Miliar

Dadang Suganda (55), warga Ujungberung, Kota Bandung jadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terlibat kasus korupsi pengadaan

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
ilustrasi uang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Dadang Suganda (55), warga Ujungberung, Kota Bandung jadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terlibat kasus korupsi pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) Pemkot Bandung.

Dia didakwa Pasal 2 dan 3 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain itu, dia juga dijerat pasal pencucian uang senilai Rp 87,7 miliar.

Dalam dakwaan jaksa KPK yang sudah dibacakan di Pengadilan Tipikor Bandung, ‎Senin (23/11/2020) terungkap Dadang berbisnis bahan bangunan dengan mengelola toko bangunan di Kota Bandung

Jaksa KPK, Budi Nugraha menerangkan, berdasarkan catatan perbankan terdakwa Dadang Suganda dalam kurun waktu 2000 sampai  Oktober 2011 hanya memiliki enam rekening tabungan dengan jumlah saldo pada masing-masing tabungan yang relatif kecil.

Misalnya, pada satu rekening di Bank BJB dengan nomor akhir rekening 62, sebelum 15 Desember saldonya hanya Rp 5,8 juta. Namun pada 15 Desember membengkak jadi Rp 25,8 miliar.

Baca juga: Calon Bupati Cianjur Lepi Sebut Tak akan Pindahkan Pedagang Pasar Muka, Serap Aspirasi Pedagang

"Namun 15 Desember 2011 sejak terdapat uang masuk sebesar Rp 25,8 miliar yang bersumber dari rekening DPKAD Pemkot Bandung, yang merupakan pembayaran proyek pengadaan tanah RTH tahun 2011 ke dalam rekening tabungan, Dadang mulai membuka rekening di berbagai bank. Baik menggunakan identitas diri sendiri maupun identitas palsu sebanyak 24 rekening," ucap Budi. 

Kemudian, sejak 15 Desember 2011 sampai dengan 22 November 2012, Dadang Suganda menerima uang yang diketahui atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana korupsi.

"Senilai total Rp 87.7 miliar dari proyek pengadaan di Pemkot Bandung," ucap Budi.

Dengan rincian antara lain, pengadaan tanah yang bersumber dari DPKAD Pemkot Bandung terkait pengadaan RTH Kota Bandung pada Desember 2011 senilai 25,8 miliar. Dalam proyek itu, Dadang mendapat ‎Rp 13,3 miliar. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved