Breaking News:

Pelaksanaan New Normal

Kabar Baik Nih, Sekolah Tatap Muka Dimulai Januari, Menteri Nadiem Izinkan Bandung Raya Buka Sekolah

Kabar baik bagi dunia pendidikan di Kota Bandung dan daerah lain di Indonesia, karena pembelajaran tatap muka segera dibuka.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah siswa mencuci tangan dengan sabun sebelum mengikuti uji coba kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di SMPN 2 Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Pemkot Bekasi memperbolehkan aktivitas tatap muka di sekolah kembali berlangsung dengan alasan angka penularan Covid-19 di Kota sudah di bawah satu. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Kabar baik bagi dunia pendidikan di Kota Bandung dan daerah lain di Indonesia, karena pembelajaran tatap muka segera dibuka.

Menteri Penddidikan dan Kebudayaan (Mendikub) Nadiem Makarim mengatakan pemerintah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, termasuk Kota Bandung dan daerah lain di Jawa Barat, untuk memberikan izin buka sekola tatap muka.

Kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah ini akan dimulai pada Januari 2021.

"Berarti pemerintah pada hari ini melakukan penyesuaian kebijakan, untuk memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah, Kanwil atau kantor Kemenag untuk menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di bawahnya kewenangannya," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam konferensi pers daring, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Daftar 16 Kecamatan di Kota Bandung yang jadi Klaster Keluarga Penyebaran Covid-19, WASPADA

Baca juga: Aksi Unjuk Rasa, Minta Tindak Tegas Kerumunan yang Langgar Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Kebijakan ini berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020-2021, yakni pada bulan Januari 2021.

"Jadi pemerintah daerah dan sekolah diharapkan dari sekarang kalau siap untuk melakukan tatap muka. Kalau ingin melakukan tatap muka harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melaksanakan ini dari sekarang sampai akhir tahun," kata Nadiem.

Sebelumnya, pemerintah hanya mengizinkan pembukaan sekolah di wilayah zona kuning yang melakukan pembelajaran tatap muka.

Aturan ini dikeluarkan setelah pemerintah merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademi Baru di Masa Pandemi COVID-19.

Tanggapan DPR

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menyebut pemerintah berencana akan membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka di Januari 2021. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved