Breaking News:

Video

VIDEO - Nikmatnya Sensasi Kopi Biji Mangga Khas Indramayu, Rasanya Kecut Segar, Bikin Ketagihan

Kopi itu murni terbuat dari biji buah mangga. Rasa yang dihasilkan pun sangat khas, aroma kecutnya kopi dan segarnya buah mangga

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Kopi memang sangat digandrungi oleh semua kalangan, namun bagaimana rasanya jika menikmati kopi yang terbuat bukan dari bahan biji kopi pada umumnya?

Di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat salah satunya, melalui tangan kreatifnya Dedi Rolis (39) mampu menciptakan kenikmatan sensasi kopi yang berbeda.

Kopi itu murni terbuat dari biji buah mangga. Rasa yang dihasilkan pun sangat khas, aroma kecutnya kopi dan segarnya buah mangga menghadirkan sensasi rasa yang bikin ketagihan.

Dedi Rolis mengatakan, ide membuat kopi unik satu ini muncul pertama kali saat ada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu pada tahun 2017 lalu.

Mereka menumpang di rumah Dedi Rolis selama melakukan kegiatan KKN, di Desa Jatisura sendiri para mahasiswa itu melakukan berbagai eksperimen dengan buah mangga, salah satunya untuk dijadikan olahan makanan.

"Dulu itu iseng-iseng diulekin sama mereka biji mangga itu buat bikin kopi, dari iseng-iseng itu terus ditularkan kepada masyarakat termasuk saya yang jadi pelopor untuk membuat kopi biji mangga ini," ujar dia saat ditemui di rumah produksi kopi biji mangga sekaligus kediamannya di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu, Selasa (27/10/2020).

Dedi Rolis menceritakan, mulai saat itu ia mencoba untuk menyempurnakan agar kopi dari biji mangga ini rasanya tidak kalah dengan kopi pada umumnya.

Terlebih ia menilai, Desa Jatisura yang merupakan salah satu daerah penghasil buah mangga terbesar di Kabupaten Indramayu sangat mendukung untuk membuat aneka olahan produk yang memiliki nilai jual lebih.

Banyak dari buah mangga khususnya bagian biji yang menjadi limbah lalu di buang. Melihat kondisi itu, ia berkeinginan agar biji mangga yang tadinya sampah bisa memiliki nilai ekonomi.

Pada tahun 2019, ia lalu mengikuti berbagai pembinaan UMKM di Kabupaten Indramayu hingga akhirnya kopi biji mangga tersebut bisa disempurnakan, termasuk dalam mempercantik kemasan produk kopi biji mangga agar lebih menarik, dan lain sebagainya.

Produk kopi biji mangga ini ia berinama Kopi Biji Mangga Rolisa Indramayu. Adapun nama Rolisa itu ia ambil dari nama anaknya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved