Breaking News:

Siap-Siap Ada Testing Dadakan Bagi yang Nekat Liburan di Tengah Pandemi Covid-19 di Indramayu

Sesuai kalender, Libur dan cuti bersama itu akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 28 Oktober - 1 November 2020.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Ilustrasi Berbagai lomba digelar untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI di Objek Wisata Cibulan, Selasa (18/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemerintah Kabupaten Indramayu bakal melakukan pengetatan di masa libur panjang akhir pekan ini.

Sesuai kalender, libur dan cuti bersama itu akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 28 Oktober - 1 November 2020.

Momen libur panjang ini juga bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara mengatakan, pengetatan tersebut terutama akan menyasar sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Indramayu.

"Hasil rapat dengan Satgas Provinsi Jabar, sangat sulit melakukan pembatasan. Jadi nanti ada pengetatan pengawasan protokol kesehatan di tempat wisata," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Senin (26/10/2020).

Ia mengakui, meski di tengah pandemi sekalipun, animo masyarakat untuk berwisata di masa libur panjang cukup tinggi.

Oleh karena itu, selain pengetatan, dikatakan Deden Bonni Koswara, pihaknya juga bakal merencanakan testing dadakan secara acak.

Testing ini akan dilakukan melalui tes swab maupun rapid test yang kepada setiap pengunjung yang nekat berwisata di tengah pandemi.

"Nanti penanggungjawab pelaksanaannya adalah satgas covid tempat wisata, yang akan dikoordinasikan dengan satgas kecamatan dan kabupaten," ujarnya.

Selain tempat wisata, Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu juga mengkhawatirkan lonjakan pendatang dari daerah transmisi lokal yang pulang ke Kabupaten Indramayu, seperti Jakarta.

Baca juga: TERUNGKAP Sosok Asli Ganis Hari, Pria yang Dikatai Kasar oleh Ade Londok, Saat Ditemui Dedi Mulyadi

Baca juga: Gaji Karyawan Swasta, PNS, TNI, Polri akan Dipotong 2,5% Mulai Januari 2021, Jokowi Udah Setuju

Dalam hal ini Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu kembali mengimbau agar masyarakat sebaiknya mengisi libur panjang di rumah.

Menghindari penggunaan transportasi yang tidak memenuhi standar protokol kesehatan, dan tidak mengadakan kegiatan massal.

Deden Bonni Koswara juga meminta agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) dalam beraktivitas sehari-hari.

"Jadikan liburan kira aman dan nyaman dengan disiplin sambil menunggu vaksin," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved