Breaking News:

Ini Jenis Kendaraan yang Dilarang Masuk ke Kawasan Puncak Bogor-Cianjur Saat Libur Panjang Nanti

Mei memprediksi, puncak kepadatan arus kendaraan di kawasan Puncak akan terjadi pada Rabu-Kamis yang didominasi oleh pengunjung wisata

Editor: Machmud Mubarok
(KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)
ILustrasi - Volume kendaraan yang melintas jalur Puncak, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

TRIBUNCIREBON.COM - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur akan melakukan beberapa rekayasa arus kendaraan di jalur Puncak sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi periode libur cuti bersama pada 28 Oktober - 1 November 2020.

Pasalnya, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Jawa Barat karena akses yang mudah, dekat dengan Ibu Kota, serta terjangkau.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Meilawaty mengungkapkan, contoh langkah rekayasa lalu lintas yang bakal diambil ialah melarang kendaraan besar, seperti truk dan bus untuk melintas pada waktu tertentu. 

Baca juga: Hati-hati Sariawan Bisa Jadi Tanda atau Gejala Kanker Mulut, Begini Cara Mengobati Sariawan

Baca juga: 12 Orang-orang Pendukung Jokowi yang Mendapat Jabatan Komisaris BUMN, Ahok hingga Fadjroel Rachman

"Kendaraan dimaksud akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Nanti ada petugas yang melakukan pengalihan mulai dari Pos TMC bila situasi di jalur Puncak padat. Namun sifatnya situasional," kata dia, Senin (26/10/2020).

Mei memprediksi, puncak kepadatan arus kendaraan di kawasan Puncak akan terjadi pada Rabu-Kamis yang didominasi oleh pengunjung wisata. Oleh karenanya, akan ada personel tambahan di titik dimaksud.

Selain itu, jajaran Polres Cianjur telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana, seperti longsor yang berpotensi di beberapa titik.

Potensi bencana cukup tinggi, apalagi intensitas hujan cukup tinggi saat ini," ucap Mei. Ia menambahkan, terkait pengamanan di kawasan Puncak di momen libur panjang nanti, akan melibatkan personel Sabhara dan Brimob Polda Jabar.

Puncak Arus Mudik 28 Oktober

Menjelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H, PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi akan adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta.

Corporate Communication & Community Developement Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, prediksi puncak arus mudik akan jatuh pada Rabu 28 Oktober 2020. 

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved