Breaking News:

Desa Weragati Majalengka Pertahankan Tradisi Giat Bumi Sebagai Wujud Syukur Kepada Yang Maha Kuasa

Pantauan Tribuncirebon.com, kegiatan Guar Bumi Desa Weragati berlangsung dengan menerapkan prokotol kesehatan.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Kegiatan Guar Bumi di Desa Weragati, Kabupaten Majalengka, Senin (26/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA -  Desa Weragati yang berada di Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka menggelar tradisi giat bumi, Senin (26/10/2020).

Hal itu, sebagai wujud syukur ke hadirat Allah SWT atas hasil panen dan juga doa untuk memulai menanam segala jenis pertanian.

Pantauan Tribuncirebon.com, kegiatan Guar Bumi Desa Weragati berlangsung dengan menerapkan prokotol kesehatan.

Kegiatan tersebut melibatkan warga Desa Weragati yang terdiri dari 8 blok, yaitu Blok Ahad, Blok Senen, Blok Selasa, Blok Rabu, Blok Kamis Blok Juma't, Blok Sabtu dan Blok Dukuh Maja.

Dalam laporannya, Kepala Desa Weragati, Ade Dodi Mardianto mengatakan pihaknya merasa bangga dan sangat berbahgia melihat kebersamaan dan juga gotong royong seluruh elemen masyarakat Desa Weragati dalam mensukseskan penyelenggaraan Guar Bumi tahun ini.

Dalam rangkaian kegiatan Guar Bumi tidak hanya menampilkan hasil panen dari masyarakat saja, akan tetapi digelar juga gelar produk UMKM hasil kreasi dari masyarakat Desa Weragati yang di tampilkan di masing-masing stand UMKM.

"Adapun tema Guar Bumi kali ini adalah 'Ngaguar Potensi Inovasi jeung Jati Diri Ngawujudkeun Desa Mandiri nu Ngariksa Adat jeung Budaya Pikeun Majalengka Raharja' jadi pada intinya Guar Bumi tahun ini lebih luas maknanya dengan menampilkan potensi dan juga inovasi dari masyarkat dengan khasanah adat dan budaya desa setempat yang ditampilkan dengan produk-produk UMKM guna mewujudkan desa mandiri," ujar Dodi, Senin (26/10/2020).

Dodi menjelaskan, di samping gelar produk UMKM berupa hasil tani, ada salah satu produk UMKM yang baru hadir dan menjadi kebanggaan dari Desa Weragati itu sendiri yaitu produk berupa Peci Nasional.

Baca juga: TERUNGKAP Sosok Asli Ganis Hari, Pria yang Dikatai Kasar oleh Ade Londok, Saat Ditemui Dedi Mulyadi

Baca juga: Gaji Karyawan Swasta, PNS, TNI, Polri akan Dipotong 2,5% Mulai Januari 2021, Jokowi Udah Setuju

Peci tersebut diberi nama Peci Nasional "Raharja".

Halaman
12
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved