Breaking News:

Tiga Kepala Keluarga di Sumedang Terpaksa Mengungsi, Rumah Mereka Rusak Diterjang Longsor

Setelah datang ke lokasi, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalamkejadian tersebut. Hanya saja tiga pemilik rumah itu mengalami kerugian mater

Editor: Machmud Mubarok
DOK/BPBD Sumedang
Tga rumah di Dusun Cisurat, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang rusak berat setelah diterjang longsor saat hujan deras disertai angin kencang, pada Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Sedikitnya tiga rumah di Dusun Cisurat, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang rusak berat setelah diterjang longsor saat hujan deras disertai angin kencang, pada Jumat (23/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, rumah yang diketahui milik Budi (52), Wahab (37), dan Isak Wardana (30) itu kondisinya sebagian nyaris ambruk.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumedang, Yedi mengatakan, untuk sementara, pemilik rumah itu sudah mengungsi karena kawasan tersebut belum aman, terlebih rumah mereka saat ini sudah tidak dapat ditempati akibat rusak berat.

Baca juga: Dikata-katai Kasar di Video Ade Londok, Anak 8 Tahun Asal Nagreg Sempat Murung dan Terpukul

"Para pemilik rumah saat ini sudah mengungsi, karena kondisi tanah di kawasan tersebut masih bergerak," ujar Yedi melalui pesan singkat, Jumat (23/10/2020) malam.

Yedi mengatakan, dengan adanya kejadian tersebut, petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang, saat itu juga langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan assessment.

Setelah datang ke lokasi, pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalamkejadian tersebut. Hanya saja tiga pemilik rumah itu mengalami kerugian materil.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Sumedang agar dapat meningkatkan kewaspadaan pada musim penghujan ini, dikhawatirkan dapat terjadinya pergerakan tanah kembali," kata Yedi.

Terlebih, kata dia, secara topografi, wilayah Kabupaten Sumedang merupaka wilayah berbukit dan pegunungan, sehingga sangat berpotensi terjadinya pergerakan tanah dan longsor saat hujan deras.

"Kondisi tersebut berpotensi terjadinya bencana (longsor dan pergerakan tanah). Jadi, harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terutama saat terjadi hujan," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved