Breaking News:

Cegah Penyebaran Covid-19, Sumedang Waspadai Warga yang Datang Dari Zona Merah Saat Libur Panjang

pemerintah Kabupaten Sumedang bakal mewaspadai warga yang datang dari zona merah saat libur panjang mulai dari 28 Oktober

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang bakal mewaspadai warga yang datang dari zona merah saat libur panjang mulai dari 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, untuk antisipas adanya warga yang datang dari zona merah itu, pihaknya akan menggerakan Desa Siaga Corona dan Forkopimcam untuk melakukan pengawasan, pemantauan, dan monitoring.

"Nanti hari Senin kami akan rapat bersama Gugus Tugas untuk antisipasi agar libur panjang tidak berdampak pada penularan Covid-19. Terutama, dari zona merah yang masuk Sumedang harus diwaspadai," ujarnya saat ditemui di Wado, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Pabrik Kimia di Serang Terbakar, Seorang Karyawan Meninggal Dunia, Seorang Lagi Luka Ringan

Untuk antisipasi lainnya, pihaknya juga meminta agar warga Kabupaten Sumedang tidak pergi ke luar daerah saat libur panjang, apalagi ke daerah yang masuk zona merah.

"Untuk orang Sumedang, lebih baik liburannya di Sumedang," kata Dony.

Selain itu, pihaknya juga bakal mengarahkan pemilik tempat wisata harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena selama libur panjang nanti, pengunjung diprediksi bakal meningkat.

Baca juga: Herman Khaeron Minta Masyarakat Hindari Memilih Paslon Atas Dasar Politik Uang Saat Pilkada

"Jadi, kami akan rapat dengan pak Dandim, pak Kapolres, khusus untuk membahas antisipasi libur panjang ini, seperti apa persiapan yang akan kami lakukan," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumedang bisa tetap terkendali dan jumlah pasien positif Covid-19 tidak meningkat.

Berdasarkan data terakhir, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, masuk zona kuning atau zona risiko rendah dengan angka reproduksi Covid-19 iberada diangka 0,7 dan indeks transmisi 0,5.

Sedangkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Jumat (23/10/2020) sore, hanya 23 orang yang tersebar di sembilan kecamatan.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved