Breaking News:

Video

VIDEO - Riwayat Pondok Pesantren Ciwedus, Lembaga Pendidikan Islam Tertua di Kuningan

KH Sobari merupakan anak keturunan Sultan Banten 14 yakni Sultan Muhammad Ishaq Zainul Muttaqin atau KH Sueb.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Momen Hari Santri Nasional merupakan saat yang tepat untuk menggali kembali sejarah sejarah pendidikan Islam non formal di Kabupaten Kuningan.

Salah satunya dengan menggali sejarah pesantren tertua di Kuningan, yaitu Pondok Pesantren Ciwedus yang berada di Desa Timbang, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. 

Pesantren Ciwedus berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka.

“Pondok pesantren ini memang berusia paling tua di Kabupaten Kuningan bahkan di sejumlah daerah di Jawa Barat,” ungkap Kiai Ahmad Mustafa Agil, pimpinan Ponpes Ciwedus saat ditemui di rumahnya di Desa Timbang, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan, Rabu (21/10/2020).

Menurut Kiai Ahmad Mustafa, dalam catatan sejarah perjuangan ulama dan penyiar agama Islam di Kuningan, Kampung Ciwedus ini merupakan persinggahan terakhir KH Sobari.  KH Sobari sendiri adalah seorang ulama besar di Kuningan yang mewarisi Ponpes Ciwedus dari orang tuanya.

“Beliau merupakan ulama istiqomah yang memiliki garis keturunan yang gak mau diintimidasi oleh kaum penjajah di Kerajaan Banten pada waktu itu,” katanya.

Berdasarkan silsilah keluarga dan cerita turun temurun, Kiai Ahmad mengklaim, KH Sobari merupakan anak keturunan Sultan Banten 14 yakni Sultan Muhammad Ishaq Zainul Muttaqin atau KH Sueb.

“Sewaktu itu, ayahandanya diketahui bernama Syekh Kalamudin, yang juga alim ulama memiliki ilmu keagamaan luhur. Ceritanya, Syekh ini kabur dari lingkungan kerajaan dan meninggalkan anak istri,” katanya.

Alasan kabur dari lingkungan Kerajaan Banten, kata dia, akibat tekanan dan intimidasi pejajah yang dianggap akan merusak moral bangsa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved