Breaking News:

Ciptakan Masyarakat Peduli Pengawasan, Bawaslu Majalengka Kembali Gelar Sekolah Kader Pengawas

Agus Asri Sabana mengatakan, SKPP sebelumnya masing-masing dilaksanakan oleh Bawaslu tingkat kabupaten hingga pusat

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka beserta staf menggelar rapat beberapa waktu lalu di Kantor Bawaslu Kabupaten Majalengka. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Dalam kurun waktu sekitar satu tahun, Bawaslu sudah menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipan (SKPP) sebanyak tiga kali.

Kegiatan serupa akan segera digelar beberapa waktu ke depan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, Agus Asri Sabana mengatakan, SKPP sebelumnya masing-masing dilaksanakan oleh Bawaslu tingkat kabupaten hingga pusat.

"SKPP pertama diselenggarakan Bawaslu provinsi, kedua oleh kabupaten dan terakhir oleh pusat. Nah nanti, yang akan datang ini, diselenggarakan provinsi lagi," ujar Agus, Rabu (21/10/2020).

Untuk SKPP keempat yang dihelat provinsi nanti, jelas dia, ada perbedaan dalam hal kepesertaan, dibanding SKPP sebelumnya.

Pada pelaksanannya nanti, para peserta SKPP tersebut merupakan rekomendasi dari kabupaten.

"Provinsi minta rekomendasi sebanyak lima orang, tapi nanti diambilnya tiga orang. Nah lima orang itu merupakan peserta terbaik dari SKPP sebelumnya. Tiap kabupaten dan kota di Jabar nantinya mengirimkan tiga orang," jelas dia.

Agus menyebutkan, SKPP yang dihelat beberapa kali itu tidak terlepas dari keinginan Bawaslu untuk menciptakan masyarakat yang lebih peduli lagi dalam hal pengawasan.

"Diarahkannya jadi Mitra pengawas pemilu, bukan pengawas (petugas Bawaslu). Dari lahirnya para kader itu, membuka jejaring baru di lingkungannya, baik kampus, komunitas, atau masyarakatnya untuk memberi pemahaman arti pengawasn," ucapnya.

Baca juga: Pembentukan Provinsi Cirebon Mencuat Seiring Munculnya Perubahan Provinsi Jabar Jadi Provinsi Sunda

Baca juga: Ciri-ciri Gejala Kanker Ovarium, Tahap Awal Kerap Tak Disadari Karena Gejalanya Mirip Penyakit Lain

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved