Breaking News:

Wabup Tegaskan Kuningan Komitmen Jaga Alam dan Konservasi di Acara Sidang TKPSDA

permasalahan air yang semakin kompleks ini menuntut semua pihak, untuk mengelola sumberdaya air sehingga dapat menunjang kehidupan masyarakat

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda Buka Sidang TKPSDA Wilayah Sungai Citanduy di Hotel Tirta Sanita, Sangkan Hurip, Kuningan, Jumat (16/10/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda menyakini bahwa Kabupaten Kuningan konsisten dalam menjaga alam dan konservasi lingkungan daerah.

Hal itu dikemukakan orang nomor dua di Kuningan ini saat menghadiri acara Sidang Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) ke-3 Wilayah Sungai Citanduy Tahun Anggaran 2020, di Hotel Horison Tirta Sanita, Sangkanhurip - Kuningan, Jumat (16/10/2020). 

Rdho  mengatakan  menjadi sebuah kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Kuningan atas ditunjuknya sebagai lokasi pelaksanaan Sidang TKPSDA ke-3.

Baca juga: Proyek Renovasi Taman Kota Kuningan Capai Rp 20 Miliar, Begini Kata Pemkab

Baca juga: Tradisi Rebo Wekasan di Kuningan, Momentum Tingkatkan Ibadah, Warga Antusias Nikmati Kue Apem

"Saya harap melalui sidang ini, akan ada sumbangsih pemikiran bagi kami dan SKPD di Kabupaten Kuningan dalam merumuskan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terkait kelestarian lingkungan alam di Kuningan," ujar Edo sapaan akrab Wakil Bupati Kuningan.

Menurut Edo, permasalahan air yang semakin kompleks ini menuntut semua pihak, untuk mengelola sumberdaya air sehingga dapat menunjang kehidupan masyarakat dengan baik.

"Namun pengelolaan sumber daya air, juga harus dilaksanakan dengan memperhatikan keserasian antara konservasi dan pendayagunaan, antara hulu dan hilir, antara pemanfaatan air permukaan dan air tanah, serta antara pemenuhan kepentingan jangka pendek dan kepentingan jangka panjang," katanya.

Kabupaten Kuningan, kata dia,telah mencanangkan diri sebagai Kabupaten Konservasi. Hal itu dikarenakan Kuningan ini sebagai Kabupaten penyangga bagi kabupaten/kota di sekitarnya terutama dalam hal pasokan air.

"Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya air sangatlah penting, karena air merupakan kebutuhan pokok yang sangat vital dalam kehidupan. Namun dalam pengelolaanya harus memperhatikan keserasian antara konservasi agar kelestarian lingkungan tetap terjaga," ujarnya.

Melalui sidang ini, kata Wabup berharap dapat menghasilkan sebuah inovasi dan kebijakan yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved