Breaking News:

VIDEO - Ratusan Hewan Peliharaan di Indramayu Disuntik Vaksin, Pemkab Jaga Agar Bebas Rabies

Vaksinasi ini dilaksanakan rutin setiap tahun, tujuannya agar rabies tidak datang ke Indramayu, makanya oleh pemerintah digratiskan

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sebanyak 850 hewan peliharaan disuntik vaksin rabies difasilitasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Diskeswan) Kabupaten Indramayu.

Pemberian vaksin rabies ini dalam rangka memperingati world rabies day sekaligus Hari Jadi Indramayu Ke-493.

Kepala UPTD Puskeswan Indramayu, drh Arundhina Girishanta mengatakan, meski di Kabupaten Indramayu belum ditemukan adanya kasus rabies.

Namun, upaya ini penting dilakukan untuk menjaga agar Kabupaten Indramayu terbebas dari kasus tersebut.

"Hewan perantara rabies yang divaksin hari ini di antaranya ada anjing, kucing, kera, musang dan lain-lain. Tapi mayoritas adalah kucing," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Kamis (15/10/2020).

Drh Arundhina Girishanta menjelaskan, khusus di Kabupaten Indramayu, vaksinasi rabies dilakukan di sebanyak 7 titik.

Yaitu di UPTD Puskeswan Indramayu (15-21 Oktober), Kantor Kecamatan Karangampel (15 Oktober), Kantor Kecamatab Jatibarang (15 Oktober), Puskeswan Cikedung (15-16 Oktober), Kantor Kecamatan Bongas (15 Oktober), Kantor Kecamatan Patrol (15 Oktober), dan Puskeswan Gantar (15-16 Oktober).

"Vaksinasi ini dilaksanakan rutin setiap tahun, tujuannya agar rabies tidak datang ke Indramayu, makanya oleh pemerintah digratiskan agar masyarakat terhindar dan terbebas dari rabies," ujar dia.

Pantauan Tribuncirebon.com, ratusan hewan lucu peliharaan milik warga disuntik vaksin rabies. Di antaranya bahkan ada yang mengamuk karena setres.

Drh Arundhina Girishanta menyampaikan, alasan para hewan itu mengamuk dipengaruhi beberapa faktor.

Pemicu utamanya, mereka ketakutan karena bertemu dengan teman-teman sesama hewan yang lain.

"Yang galak itu karena stres, karena kepanasan, dan yang paling penting karena mereka biasa di rumah tapi pas di sini ketemu dengan temannya yang lain jadi mereka stres," ujarnya.

Di tempat yang sama, salah seorang warga, Diana mengatakan, sengaja ikut vaksinasi gratis agar kucing peliharaannya tetap sehat.

Di rumah, Diana memiliki sebanyak 4 ekor peliharaan kucing.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved