Breaking News:

Taiwan Sudah Benar-benar Muak pada China, Gatal Ingin Bombardir Negeri Tirai Bambu, Pede Didukung AS

Dengan dukungan dari Amerika Serikat, Taiwan semakin yakin untuk menyerang China jika merasa terancam.

waarmedia.com
Pesawat tempur F-16 

TRIBUNCIREBON.COM - Perseteruan China dengan Taiwan masih berlangsung hingga kini.

//

Dengan dukungan dari Amerika Serikat, Taiwan semakin yakin untuk menyerang China jika merasa terancam.

Bentuk dukungan Amerika Serikat salah satunya adalah dengan kerjasama sistem persenjataan canggih dengan Taiwan.

Gedung Putih memperjelas dukungan persenjataannya kepada Taiwan dengan mengirimkan pemberitahuan tentang kesepakatan ke Kongres untuk persetujuan penjualan 3 senjata canggih, dalam beberapa hari terakhir ini.

Langkah menjelang pemilihan presiden 3 November di Amerika Serikat itu, seperti yang dilansir dari Reuters pada Senin (12/10/2020), kemungkinan besar akan membuat marah China, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi bandel yang telah berjanji untuk bersatu kembali dengan China daratan, dengan kekerasan jika perlu.

Reuters menyampaikan berita pada September bahwa sebanyak 7 sistem senjata utama sedang dalam proses ekspor dari Amerika Serikat ketika pemerintahan Donald Trump meningkatkan tekanan terhadap China.

Diminta tanggapan atas berita pada Senin, kedutaan besar China mendesak Washington dalam sebuah pernyataan email untuk menghentikan penjualan senjata dan hubungan militer dengan Taiwan.

"Jangan sampai itu akan sangat merugikan hubungan China-Amerika Serikat dan perdamaian dan stabilitas lintas-Selat," ujar otoritas China.

Dalam pernyataan yang dikirim melalui email, seorang perwakilan kedutaan mengatakan, "China secara konsisten dan tegas menentang penjualan senjata AS ke Taiwan serta memiliki tekad yang kuat dalam menegakkan kedaulatan dan keamanannya."

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved