Breaking News:

Video

VIDEO - Meskipun Lolos Pada Mesin Penghitung Uang, Tapi Uang Palsu Tidak Bisa Masuk ATM Setor Tunai

saat uang palsu yang belum selesai proses pencetakannya namun sudah berwujud uang pecahan Rp 100 ribu, alarm berbunyi dan yang tidak terhitung di mesi

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNCIREBON.COM, CIMAHI - Kelompok pemalsu uang yang beraksi disejumlah wilayah di Jawa Barat, ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi pada 28 September 2020.

Kelompok tersebut berhasil mencetak uang palsu mata uang rupiah dengan memiliki kemiripan yang cukup tinggi dengan uang asli. Seorang tersangka diminta untuk mempraktikkan cara mereka memproduksi uang tersebut.

Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Marzuki meminta agar uang palsu tersebut dimasukkan ke dalam mesin penghitung uang. Uang palsu yang siap edar dimasukkan ke dalam mesin penghitung dan tidak lolos tanpa ada alarm berbunyi.

Sementara, saat uang palsu yang belum selesai proses pencetakannya namun sudah berwujud uang pecahan Rp 100 ribu, alarm berbunyi dan yang tidak terhitung di mesin tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengolahan Uang Rupiah Bank Indonesia (BI) Jabar Syafi'i mengatakan bahwa uang palsu tersebut tidak akan diterima di mesin ATM khususnya mesin transfer tunai.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved