Breaking News:

WOW Ternyata Kuningan Miliki Desa Wisata Unggulan Kedua di Indonesia Setelah Bali

Kunjungan kerja dilakukan Komisi X DPR RI, Kementrain Pariwisata dan Kementrian Ekonimk Kerakyatan.

Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Bupati Kuningan H Acep Purnama mendampingi Komisi X DPR RI dan rombongan Kementrian Pariwisata dan Kementrian Ekonomi Kerakyatan di destinasi objek wisata Jalur Palutungan, Kuningan, Kamis (8/10/2020). 
Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai
TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN -  Jumlah lokasi wisata di Kabupaten Kuningan mencapai ratusan dan menyebar di sejumlah kecamatan.
“Ada 174 lokasi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dan sebanyak 25 wisata tersebar di pedasaan,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Kuningan, Toto Toharudin di sela kegiatan dalam mendampingi rombongan Komisi X DPR RI, di lokasi wisata jalur palutungan, Kamis (8/10/2020).
Kunjungan kerja dilakukan Komisi X DPR RI, Kementrain Pariwisata dan Kementrian Ekonimk Kerakyatan. 

“Kami sangat menyambut dan mengapreasiasi terhadap kedatangan rombongan ke Kuningan, sehingga tidak menutup kemungkinan, aspirasi untuk pembangunan di daerah segera terpenuhi,” kata Toto.
Sebab, kata dia, di Kabupaten Kuningan ini memiliki banyak potensi yang mesti dibantu terutama dalam akses keuangan dari pemerintah pusat. 
“Daerah Kuningan dari cabang olahraga itu memiliki keunggulan dari jumlah atlit. dan atlit itu kebanyakan dilharikan dari cabor atletik,” katanya.
Disamping itu, kata Toto, untuk potensi wisata yang kini menjadi salah satu pilot proyek kemajuan daerah.
“Secara nasional, Kuningan memiliki desa wisata unggulan kedua dari daerah Bali dan posisi ketiga itu desa di Yogyakarta,” ujarnya.
Hal ini, masih kata Toto, tentu memiliki klasifikasi dalam menentukan sebuah wisata.
“Untuk embrio wisata di Kuningan memang banyak, dan perlu diketahui kita memiliki dua kategori dalam wisata. Diantaranya desa wisata dan wisata desa,” katanya.
Untuk desa wisata itu tersebar di sejumlah daerah dan jumlah hampir merata.
“Namun untuk wisata desa ini belum banyak, sebab kategori itu harus dilengkapi dengan nilai kebudayaan atau kearifan lokal," ujarnya.
Mengenai pembangunan wisata di Kuningan, kata Toto, menghadapi tahun 2021 mendatang, ada beberapa desa yang menjadi target lokasi wisata unggulan.
"Seperti di Desa Kaduela, Cikaso dan Desa Cipasung,” katanya.
Kemudian, untuk pengemabngan lokasi wisata di daerah Kuningan timur, hingga saat ini, baru dua desa yang menjadi prioritas perkembangan.
"Yakni Desa Citundun dan Desa Ciangir di Kecamatan Cibingbin,” ujarnya. (*)
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved