Breaking News:

Polemik Lahan Pasar Jatitujuh Majalengka, Warga Desa Jatitujuh & Pemkab Sama-sama Klaim Kepemilikan

Kepemilikan lahan tersebut diperebutkan dan saling klaim antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka dengan Desa Jatitujuh.

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Pasar Jatitujuh yang berada di Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Hingga memasuki Oktober 2020, status lahan Pasar Jatitujuh belum ada kejelasan.

Kepemilikan lahan tersebut diperebutkan dan saling klaim antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka dengan Desa Jatitujuh.

Ketua Forum Bela Negara (FBN) RI DPD Majalengka, Surya Darma mengatakan, sejak audensi dengan Komisi I dan II DPRD Majalengka beberapa waktu lalu, hingga sekarang belum membuahkan hasil.

Audiensi tersebut sendiri digelar pada tanggal 18 September 2020 lalu.

Namun sampai hari ini, berdasarkan hasil konfirmasi dengan pihak Desa Jatitujuh dan Desa Panjalin Kidul belum ada tanda-tanda Pemkab akan mengembalikan status Pasar Desa Jatitujuh dan Pasar Desa Panjalin Kidul.

"Padahal, berdasarkan pasal 53 Undang-undang nomor 30 tahun 2014 jika Pemda tidak melakukan tindakan/keputusan berarti menyetujui dan Pemerintah desa/masyarakat desa dapat mengajukan penetapan kepada pengadilan," ujar Surya, Rabu (7/10/2020).

Sementara pengadilan, kata Surya, dalam jangka waktu paling lama 21 hari kerja wajib memutuskan serta Pemkab paling lama 5 hari kerja setelah putusan diterima wajib melaksanakannya itu dari sisi norma.

Hanya dari sisi ketaatan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, menunjukan buruknya sikap Pemkab terhadap ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan bisa dikatakan melanggar konstitusi dalam arti luas.

"Harus diingat kembali bahwa Surat Dirjen Bina PMD atas nama Mendagri dan Surat Karo PMKS Ub Gubernur Jabar sifatnya final dan executorial sebagai implementasi dari konstitusi dalam arti luas," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved