Breaking News:

Santri Husnul Khotimah Kena Corona

Kenaikan Kasus Fantastis, Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Lakukan Karantina Santri Dipulangkan

petugas Covid-19 Kabupaten Kuningan menugaskan beberapa petugas dari Dishub, Anggota Pol PP, Polsek dan Koramil.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mumu Mujahidin
Kontributor Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Ponpes Husnul Khotimah 
Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai
TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Bertambahnya angka kenaikan kasus Covid-19 klaster Ponpes Husnul Khotimah di Desa Maniskidul, kecamatan Jalaksana, Kuningan.
Makin menjadi perhatian petugas Covid-19 di Kuningan.
“Hingga kini untuk wilayahnya, kami lakukan karantina mikro dengan menjaga sejumlah jalan penghubung di klaster tersebut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu saat menyampaikan kepada awak media, di Tim Crisis Centre, Komplek Pendopo Kantor Bupati Kuningan, Selasa (6/10/2020).
 
Penangan lain di Klaster Ponpes Husnul Khotimah, kata Indra, petugas Covid-19 Kabupaten Kuningan menugaskan beberapa petugas dari Dishub, Anggota Pol PP, Polsek dan Koramil.
"Untuk berjaga di lingkungan luar lembaga pendidikan islam tersebut. Kemudian saat dilakukan pemulangan, para petugas melakukan pengaturan dan tidak boleh masuk ke lingkungan ponpes,” ujarnya.
Sejumlah jalan penghubung mendapat penjagaan ketat.
"Diantara Jalan Desa Sadamantra - Sumbawa dan Jalan Desa Maniskidul," katanya. (*)

Tembus 405 Kasus

Selama dua hari jumlah orang terkonfirmasi positif covid-19 di klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah Kuningan, Jawa Barat mengalami kenaikan, Selasa (6/10/2020).

//

Data yang diterima Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan, tercatat ada penambahan 235 kasus baru dari klaster tersebut.

"Sebelumnya pada Sabtu dan Minggu kemarin juga ada penambahan 15 orang yang positif,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kuningan, Agus Mauludin.

Dengan penambahan tersebut, kata Agus, hingga saat ini total ada 405 orang di klaster Ponpes Husnul Khotimah yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Adanya penambahan 235 orang yang positif di Ponpes Husnul Khotimah, hasilnya keluar semalam,” ujarnya.
“Penambahan 235 kasus baru itu berasal dari pemeriksaan sampel swab yang dilakukan di laboratorium Labkesda Provinsi Jawa Barat dan Fakultas Kedokteran UGJ Cirebon,” tambahnya.

Masuk Dalam Radius Klaster Ponpes Husnul Khotimah, Ribuan Santri Ponpes Al Multazam Dipulangkan

Agus mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan telah melakukan swab terhadap 2.000 orang dilingkungan Ponpes Husnul Khotimah baik santri, guru maupun pegawai.

"Total swab sudah 2.000, sisa 2.400 orang lagi yang akan di swab secara bertahap. Hari ini informasinya 700 orang akan di swab juga," katanya.

Selain itu menurutnya, hari ini pihak Ponpes Husnul Khotimah juga akan memulangkan 1.065 santri yang telah dinyatakan sehat dan hasil swabnya negatif.

"Jumlah orang yang sembuh hingga hari ini ada 40 orang, jadi yang masih ditangani 365 orang,” katanya.

Hari ini juga, kata Agus, ada 1.065 santri yang akan dipulangkan karena sudah dinyatakan sehat.

"Sedangkan untuk yang 365 orang positif itu masih menjalani karantina di empat gedung yang disediakan oleh pihak ponpes. Mereka ada yang memiliki gejala dan tidak,” ujarnya. (*)

 

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved