Breaking News:

Gandeng DPKUKM Kota Cirebon, Alfamart Ajak Pelaku UMKM Kenali Manajemen Ritel dan Teknologi Digital

Kegiatan yang berlangsung di Aula DPKUKM Kota Cirebon, Jalan KS Tubun, Kota Cirebon, itu, tampak diikuti 20-an pelaku UMKM binaan Alfamart.

Ahmad Imam Baehaqi/Tribuncirebon.com
Sejumlah peserta saat mengikuti pelatihan manajemen ritel modern yang dilaksanakan Alfamart di Aula DPKUKM Kota Cirebon, Jalan KS Tubun, Kota Cirebon, Rabu (30/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggandeng Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon menggelar pelatihan manajemen ritel modern, Rabu (30/9/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Aula DPKUKM Kota Cirebon, Jalan KS Tubun, Kota Cirebon, itu, tampak diikuti 20-an pelaku UMKM binaan Alfamart.

Para peserta dan pemateri pelatihan itupun terlihat menerapkan protokol kesehatan, dari mulai mengenakan masker hingga saling menjaga jarak.

Branch Manager Alfamart, Lilik Soehada, mengatakan, pelatihan tersebut merupakan salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart.

Menurut dia, para pesertanya berasal dari para pelaku UMKM dan pedagang eceran binaan Alfamart.

"Melalui pelatihan ini kami mengajak pelaku UMKM untuk mengenali seluk beluk manajemen ritel dan teknologi digital," kata Lilik Soehada saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, pelatihan semacam itu digelar rutin setiap tahunnya di setiap wilayah yang memiliki jaringan toko Alfamart.

Ada beberapa materi seputar manajemen ritel modern dan teknologi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut.

Di antaranya, tips tren pasar terkait produk yang sedang diminati dan perubahan perilaku konsumen, manajemen penataan barang, pengaturan stok barang, manajemen keuangan (cash flow), serta lainnya.

Jalan Lingkar Jatilima Majalengka Sepanjang 44 KM Dipastikan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Penyebab Serangan Jantung Mendadak Saat Bersepeda, Pesepeda Pemula Harus Waspada Hal Ini

"Pola perubahan konsumen di masa pandemi Covid-19, sehingga pelaku UMKM harus melek manajemen ritel modern," ujar Lilik Soehada.

Lilik menyampaikan, para pemilik warung juga diajak melek teknologi dan memanfaatkan aplikasi Alfa Mikro untuk kemudahan serta kelancaraan perputaran barang usaha eceran.

Alfamart juga mempunyai program Outlet Binaan Alfamart (OBA) sebagai bentuk sinergis dengan peritel tradisional.

Program OBA yang dijalankan berupa pendampingan dan pelatihan manajemen ritel, serta menyediakan layanan pesan antar barang dagangan bagi pedagang yang telah menjadi member.

"Kami sangat mengapresiasi pelatihan ini, dan diharapkan program kemitraan ini bisa memberikan wawasan agar pelaku usaha bidang eceran bisa berkembang," kata Kepala DPKUKM Kota Cirebon, Maharani Dewi.

Prajurit Cakrabirawa sempat Kena Bogem Jenderal Ahmad Yani, Tak Lama Kemudian Sang Jenderal Dibantai

Ini Jalur Evakuasi Tsunami di Pantai Selatan Sukabumi Jika Tsunami 20 Meter Terjadi

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved