Breaking News:

PT KAI Daop 3 Cirebon dan Komunitas Edan Sepur Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Saat ada kereta api yang melintas, mereka terlijat langsung berdiri di depan para pengguna jalan sambil membentangkan spandung tersebut.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
PT KAI DAOP 3 Cirebon dan Komunitas Edan Sepur Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas di Perlintasan Sebidang di Jalan Slamet Riyadi Kota Cirebon, Rabu (16/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon dan komunitas Edan Sepur menyosialisasikan kesadaran keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (16/9/2020).

Dalam kegiatan itu, para petugas dan anggota komunitas Edan Sepur tampak membentangkan spanduk serta membagikan brosur kepada pengendara yang melintas.

Saat ada kereta api yang melintas, mereka terlijat langsung berdiri di depan para pengguna jalan sambil membentangkan spandung tersebut.

Brosur-brosur mengenai pentingnya kesadaran keselamayan berlalu lintas di perlintasan kereta api juga tampak dibagikan kepada para pengendara.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di perlintasan kereta api.

"Harus diakui selama ini perlintasan sebidang merupakan salah satu titik yang sering terjadi kecelakaan," ujar Luqman Arif saat ditemui usai kegiatan.

Ia mengatakan, sosialisasi semacam itu dilaksanakan selama tiga hari sejak Selasa (15/9/2020) hingga Kamis (17/9/2020).

Adapun lokasinya berpindah setiap harinya. Yakni, Jalan Slamet Riyadhi, Jalan Kartini, dan Jalan Lawanggada, Kota Cirebon.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 9, Simak Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pendaftar

Promo Indomaret Terbaru Berlaku 16-22 September 2020, Buruan Cek Katalog Promo Selengkapnya

Pihaknya berharap melalui sosialisasi tersebut kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang semakin meningkat.

"Pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang tidak saja merugikan para pengguna jalan, tetapi perjalanan kereta api juga," kata Luqman Arif.

Luqman menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114, para pengendara wajib menaati beberapa aturan saat melewati perlintasan sebidang.

Di antaranya, berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain.

Selain itu, pengendara juga diharuskan mendahulukan kereta api, dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel yang dalam hal ini ialah kereta api.

"Keselamatan berlalu lintas di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama," ujar Luqman Arif.

Bocoran Harga dan Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7i yang Bakal Dirilis 17 September 2020

Ini Spesifikasi Vivo V20 dan Vivo V20 SE yang Bakal Dirilis 29 September 2020 Nanti

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved