Breaking News:

Pilkada Indramayu 2020

KPU Indramayu Sarankan Tak Gelar Kampanye Pengumpulan Massa, Seperti Konser Musik, Ini Alasannya

Massa kampanye sendiri sesuai jadwal akan dimulai pada 26 September-5 Desember 2020 mendatang.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni, Kamis (10/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Indramayu menyarankan kepada seluruh peserta Pilkada untuk mengindahkan potensi penyebaran Covid-19 dalam menggelar kampanye di tengah pandemi.

Massa kampanye sendiri sesuai jadwal akan dimulai pada 26 September-5 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengatakan, kesehatan masyarakat menjadi alasan utama dan merupakan hak asasi manusia.

Belum Ada Bapaslon Indramayu yang Niat Gelar Konser Musik untuk Kampanye di Tengah Pandemi

BREAKING NEWS Seorang Pejabat Pemkab Cirebon Ditahan Kejari, Jadi Tersangka Korupsi Alsintan

"Kalau bisa, diupayakan tidak melaksanakan kampanye- kampanye yang berpotensi merugikan semua pihak (kerumunan massa)," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (16/9/2020).

KPU sendiri saat ini menjadi sorotan setelah memperbolehkan digelarnya konser musik untuk kampanye di tengah pandemi.

Detail aturannya tertuang dalam Pasal 63 ayat 1 huruf b P KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas P KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada di Tengah Bencana Nonalam Covid-19.

Meski demikian, dijelaskan Ahmad Toni Fatoni, hingga saat ini belum ada Bapaslon Bupati Indramayu 2020 yang berniat melaksanakan konser musik tersebut.

Pihaknya pun masih mengkaji regulasi tersebut untuk diterapkan di Kabupaten Indramayu, mengingat pontensi penyebaran Covid-19 di bumi wiralodra belum sepenuhnya aman.

Kabupaten Indramayu masih masuk zona kuning, 17 kecamatan di antaranya bahkan masuk zona merah dengan risiko penyebaran tinggi.

"Mudah mudahan teman-teman Bapaslon memahami kondisi Covid-19. Kalau di P KPU mungkin ada (diperbolehkan) tapi kan yang tidak bisa diindahkan adalah potensi virus coronanya," ujar dia.

Bocoran Harga dan Spesifikasi Realme 7 dan Realme 7i yang Bakal Dirilis 17 September 2020

Ini Spesifikasi Vivo V20 dan Vivo V20 SE yang Bakal Dirilis 29 September 2020 Nanti

Konser Musik untuk Kampanye

Dari sebanyak 4 bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Indramayu 2020 belum ada satu pun yang berniat menggelar konser musik untuk kampanye di tengah pandemi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengatakan, regulasi diperbolehkannya konser musik tersebut memang diatur dalam P KPU.

Hanya saja, sampai saat ini pihaknya masih mengkaji lebih dalam regulasi itu untuk diterapkan di Kabupaten Indramayu, mengingat kondisi Covid-19 yang masih belum aman.

"Mudah mudahan teman-teman Bapaslon memahami kondisi Covid-19. Kalau di P KPU mungkin ada (diperbolehkan) tapi kan yang tidak bisa diindahkan adalah potensi virus coronanya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (16/9/2020).

Dalam hal ini, pihaknya juga akan berkoordinasi termasuk melaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 bilamana ada peserta Pilkada yang ingin menggelar konser musik tersebut.

Diperbolehkannya pagelaran musik ini, detail aturannya tertuang dalam Pasal 63 ayat 1 huruf b P KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang perubahan atas P KPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada di Tengah Bencana Nonalam Covid-19.

Kendati demikian, jika melihat secara keseluruhan P KPU Nomor 6 Tahun 2020, dijelaskan Ahmad Toni Fatoni dalam pelaksanaan kampanye nanti harus tetap menjaga protokol kesehatan.

"Besok divisi sosialisasi akan mensosialisasikan P KPU Nomor 6 terkait protokol kesehatan dalam pilkada di masa pandemi," ujar dia.

Viral Video Perempuan di Sumedang Gunting Bendera Merah Putih Sambil Cekikikan, Auto Diusut Polisi

Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Sudah Cair, Silakan Cek Saldo Rekening, Ditransfer ke 3,5 Juta Penerima

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved